IMPLEMENTASI EMPAT PILAR PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AGRO NUUR EL-FALAH KELURAHAN PULUTAN KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA TAHUN 2019

Khasanah, Siti Niadhatul (2019) IMPLEMENTASI EMPAT PILAR PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AGRO NUUR EL-FALAH KELURAHAN PULUTAN KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA TAHUN 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi final belum halaman.pdf

Download (3MB)

Abstract

Khasanah, Siti Niadhatul, 2019. Implementasi Empat Pilar Pendidikan Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah Kelurahan Pulutan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Tahun 2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Imam Sutomo, M.Ag. Kata Kunci: Empat Pilar Pendidikan, Faktor penghambat dan Pendukung Tujuan penulisan skripsi ini adalah: 1) untuk mengetahui implementasi empat pilar pendidikan pondok pesantren Agro Nuur El-Falah. 3) untuk mengetahui hambatan dan pendukung adanya penerapan empat pilar pendidikan pondok pesantren Agro Nuur El-Falah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data kualitatif teknik triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: Pondasi yang digagas oleh UNESCO mengenai keberhasilan pendidikan diukur dari hasil empat pilar pendidikan (Learning to know, learning to be, learning to do, dan learning to live together) yang diterapkan pada pondok pesantren Agro Nuur El-Falah. 1) Ragam kegiatan yang dilaksanakan pondok pesantren menurut kurikulum Tarbiyatul Falah Al-Islamiyah (TFI) yang telah ditetapkan dengan diaplikasikan berbagai program pendidikan formal maupun informal, program pendidikan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan serta program khusus mahasantri serta penerapan empat pilar pendidikan yang lebih menonjol yaitu learning to live together dan learning to know. Banyak kegiatan intra dan ekstra yang telah diterapkan, dan terdapat respon positif dan inisiatif dari pengurus, para asatidz, dan para santri. Dengan adanya kegiatan-kegiatan yang diterapkan oleh pondok pesantren bertujuan untuk memberikan output di masa yang akan datang dan mengembangkan hardskill dan softskill para santri. 2) Adapun faktor penghambat dalam penerapan empat pilar pendidikan antara lain: Sumber daya manusia belum maksimal, fasilitas kurang memadai, malas, kurang pandai membagi waktu dan kurang koordinasi dan kesolidan, kemudian faktor yang menjadi pendukung antara lain: semangat dan motivasi dari pendidik, diri sendiri, orang tua, teman dan lingkungan sekitar serta motivasi diri untuk menjadikan pendidikan lebih baik lagi baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 May 2019 12:03
Last Modified: 09 May 2019 12:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5630

Actions (login required)

View Item View Item