PENGARUH PENGGUNAAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 38 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Ariani, Melinda (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 38 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
isi proposal fix (Autosaved).pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Karakteristik metode active learning tipe card sort dengan pendekatan konstruktivistik terhadap kemampuan berpikir kritis(2) Pengaruh penggunaan metodeactive learning tipe card sort dengan pendekatan konstruktivistik terhadap kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimental. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 38 Semarang sejumlah 60 siswa. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen panduan observasi guna mencari data penggunaan metode active learning tipe card sort, dan kemampuan berpikir kritis diperoleh melalui nilai ketrampilan oleh guru dalam hal berpikir kritis siswa.Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian dengan analisis deskripsi kuantitatif untuk instrumen dalam bentuk tes sebelum (pretest)diterapkan metode active learning tipe card sortdiperoleh skor rata-rata 33,5 berada pada kategori rendah sedangkan skor rata-rata setelah diberi posttestpada metode active learning tipe card sort72,1 yang berada pada kategori cukup tinggi. Analisis pada regresi linier sederhana diperoleh bahwa sig = 0,000 < 0,05, jadi H_0 ditolak, dengan koefisien determinasi sebesar 35% sehingga H_1 diterima artinya ada pengaruh antara penggunaan metode active learning tipe card sort terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jadi, penggunaan metode active learning tipe card sortdengan pendekatan konstruktivistik berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 38 Semarang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 May 2019 03:19
Last Modified: 14 May 2019 03:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5646

Actions (login required)

View Item View Item