IMPLEMENTASI METODE PROBLEM SOLVING KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP NEGERI SE-KOTA SALATIGA 2018

Utomo, Wahyu Budi (2019) IMPLEMENTASI METODE PROBLEM SOLVING KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP NEGERI SE-KOTA SALATIGA 2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis Fix Clear Hasyim.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode problem solving merupakan metode yang merangsang berfikir dan menggunakan wawasan tanpa melihat kualitas pendapat yang disampaikan oleh siswa. Seorang guru harus pandai merangsang siswanya untuk mencoba mengeluarkan pendapatnya, sehingga siswa diharapkan lebih aktif, karena tidak hanya mendengarkan penjelasan dari guru, tetapi juga aktif memecahkan masalah yang dibahasnya. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan analisis data menggunakan proses mencari dan menyusun data secara sistematis yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah: 1) Implementasi metode problem solving kurikulum 2013 dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Salatiga dan SMP Negeri 7 Salatiga menggunakan pendekatan sainstifik, sedangkan di SMP Negeri 4 Salatiga menggunakan pendekatan student oriented. 2) Faktor pendukungnya implementasi metode problem solving adalah adanya komunikasi yang baik antara guru dengan peserta didik dan didukung sarana pembelajaran yang memadai. Hal yang kurang mendukung dalam pembelajaran adalah belum terlatihnya seorang guru dalam memberikan penilaian kepada peserta didik dengan konsep kurikulum 2013, kurangnya pendampingan pada diri peserta didik oleh kedua orang tuanya di rumah dalam hal pergaulan dan hal yang diperhatikan orang tua hanyalah pada aspek kognitif nya saja. 3) Kelebihan implementasi metode problem solving dalam kurikulum 2013 adalah kunci keberhasilan dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah kreativitas guru PAI, karena guru merupakan faktor penting yang peserta didik dalam belajar. Kekurangannya terletak pada pelatihan kurikulum 2013 yang diselenggarakan oleh DINAS pendidikan pun masih terbatas. 4) Sistem evaluasi implementasi metode problem solving dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri se-Kota Salatiga adalah dilaksanakan selama proses pembelajaran sampai akhir pembelajaran, baik dari segi penilaian kognitif, afektif maupun psikomotorik. Guru juga melakukan program tes tengah semester dan tes akhir semester.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 May 2019 10:44
Last Modified: 16 May 2019 10:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5651

Actions (login required)

View Item View Item