PEMBENTUKAN LOGIKA BERPIKIR MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM KURIKULUM 2013 PADA TINGKAT MI

Rohmah, Asha Septianti Nur (2019) PEMBENTUKAN LOGIKA BERPIKIR MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM KURIKULUM 2013 PADA TINGKAT MI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
.FULL TESIS.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tesis ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan strategi guru membentuk logika berpikir matematis melalui pendekatan scientific dalam kurikulum 2013 di MI Unggulan Al Islam Bonomerto, MI Darul Ulum Reksosari 01, dan MI Darussalam Reksosari Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang. Menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk logika berpikir matematis melalui pendekatan scientific dalam kurikulum 2013. Metode penelitian lebih menekankan pada metode deksriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini ialah MI Al Islam Bonomerto, MI Darul Ulum Reksosari 01, dan MI Darussalam Reksosari terdapat di wilayah Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang yang diambil dengan teknik random sampling dari populasi Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Kesimpulan dari hasil penelitian logika berpikir siswa dapat terbentuk seiring pembelajaran yang dilakukan guru dengan strategi PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) di sekolah unggulan Al Islam Bonomerto, MI Darul Ulum Reksosari 01, MI Darussalaam Reksosari Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang. Faktor pendukung pembentukan logika berpikir siswa dalam pembelajaran matematika dipengaruhi oleh kecerdasan, minat, perhatian, motivasi belajar, ketekunan, kebiasaan belajar, kondisi fisik, kesehatan dan sikap positif terhadap pelajaran matematika. Disamping itu interaksi guru dengan siswa, siswa dengan siswa, siswa dengan lingkungan memperlancar proses pembelajaran. Faktor penghambatnya adalah: a) Kurangnya sumber bacaan berupa buku paket pelajaran matematika kurikulum 2013 yang dipersiapkan guru; dan b) Kurangnya perhatian siswa pada saat pembelajaran matematika berlagsung. c) Adanya sikap malas belajar dalam diri siswa d) media yang digunakan belum dapat menarik perhatian siswa terhadap pembelajaran matematika. Faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi pembentukan logika berpikir matematis siswa dalam pembelajaran matematika, dapat digunakan sebagai bahan evaluasi bagi kinerja guru untuk dapat merancang strategi dan metode yang efektif, efisien dan menyenangkan bagi siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 May 2019 13:23
Last Modified: 21 Oct 2019 02:10
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5658

Actions (login required)

View Item View Item