PENGARIH MODEL PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF DENGAN PEMANFAATAN BARANG BEKAS PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 GETASAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Rofiah, Hayi'' Qoidatur (2019) PENGARIH MODEL PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF DENGAN PEMANFAATAN BARANG BEKAS PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 GETASAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FULL SKRIP.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Qoidatur Rofiah, Hayi. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kreatif Produktif dengan Pemanfaatan Barang Bekas pada Materi Cahaya dan Alat Optik terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Getasan Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Anggun Zuhaida, M.Pd. Kata Kunci: barang bekas, kemampuan berfikir kreatif, kreatif produktif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kreatif produktif dengan pemanfaatan barang bekas terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa, untuk mengetahui hubungan model pembelajaran kreatif produktif dengan pemanfaatan barang bekas terhadap kemampuan berfikir kreatif siwa, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kreatif produktif dengan pemanfaatan barang bekas terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimental semu. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling yaitu kelas VIIIB (kelas eksperimen) dan kelas VIIIA (kelas kontrol) SMP Negeri 3 Getasan, masing-masing berjumlah 28 siswa pada kelas ekperimen dan 27 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini meliputi soal, angket dan lembar observasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan koefisien korelasi dan regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kreatif produktif sangat membantu proses pembelajaran siswa. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil angket yang telah disebarkan pada kedua sampel. Sebanyak 20,37% pada kelas eksperimen dengan jawaban sangat setuju, 54,64% dengan jawaban setuju, dan sebanyak 19,64% dengan jawaban ragu-ragu, sedangkan yang menjawab tidak setuju hanya sebanyak 5,35% dengan penerapan model pembelajaran kreatif produktif. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat dengan nilai signifikansi sebesar 0,943 antara variabel yang dihubungkan dan terdapat pengaruh pada hasil uji regresi linier sederhana dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan persamaan regresi Y = 16,514 + 0,769X, sedangkan nilai koefisien determinasinya sebesar 88,9%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran kreatif produktif dengan pemanfaatan barang bekas terhadap kemampuan berfikir kreatif pada materi cahaya dan alat optik siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Getasan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Sep 2019 13:25
Last Modified: 06 Sep 2019 13:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5684

Actions (login required)

View Item View Item