PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN AKHLAK ANAK PADA KELUARGA PERANTAU DI DUSUN NGROTO DESA DADAP AYAM KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2019

Fatmawati, Efia (2019) PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN AKHLAK ANAK PADA KELUARGA PERANTAU DI DUSUN NGROTO DESA DADAP AYAM KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Efia Fatmawati, S.Pd..pdf

Download (3MB)

Abstract

Fatmawati, Efia. 2019. Peran Orang Tua dalam Pendidikan Akhlak Anak pada Keluarga Perantau di Dusun Ngroto Desa Dadap Ayam Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun 2019 Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Maryatin, M. Pd. Kata Kunci : Peran orang tua, pendidikan akhlak anak, keluarga perantau Orang tua merupakan pendidik utama dan pertama bagi anak-anak mereka, karena dari merekalah anak mula-mula menerima pendidikan. Dengan demikian bentuk pertama dari pendidikan terdapat dalam kehidupan keluarga. (Zakiah Darajat, 2011:35). Adapun yang menjadi pokok permasalahannya adalah 1. Bagaimana peran orang tua terhadap pendidikan akhlak anak pada keluarga perantau, 2. Apa saja faktor-faktor pendukung dan faktor penghambat dalam peran orang tua dalam pendidikan akhlak untuk anak pada keluarga perantau. Banyaknya orang tua yang merantau ke luar wilayah untuk memenuhi kebutuhan keluarganya sehingga anak kehilangan sosok suriteladan. Penelitian ini adalah Jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah keluarga perantau di Dusun Ngroto, kepala desa dan tokoh masyarakat. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, display data dan verifikasi, sebelum ditarik kesimpulan dicek keabsahan data melaluu triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Peran orang tua dalam pendidikan akhlak anak pada keluarga perantau adalah memenuhi kebutuhan pendidikan anak, memantau perkembangan anak melalui media telepon, orang tua menjadi pendidik serta tauladan bagi anak ketika berada dirumah, mengajarkan anak untuk sholat, sopan dan menghormati orang lain, dan mengajarkan kedisiplinan. 2. Adapun faktor pendukung dalam peran orang tua dalam pendidikan akhlak anak pada keluarga perantau adalah faktor keluarga, tingkat pengetahuan orang tua, lingkungan, dan kondisi ekonomi. Adapun faktor penghambat dalam penerapan pendidikan akhlak anak pada keluarga perantau adalah kurangnya waktu untuk mendidik anak secara langsung dan sebagian orang tua yang bersikap acuh tak acuh terhadap pendidikan anak. Adapun usaha yang dilakukan orang tua mengingat orang tua tidak bisa selalu mendidik anak secara langsung adalah menyuru anak mengaji TPA, mengaji al-Qur’an, menyekolahkan anak di MI dan MTS.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Sep 2019 20:01
Last Modified: 24 Oct 2019 06:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5686

Actions (login required)

View Item View Item