PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAMATERI EKOSISTEM MELALUIMODEL PROBLEM BASEDLEARNING PADA SISWAKELASVII MTs SUDIRMAN JIMBARAN KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Maesaroh, Himatul (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAMATERI EKOSISTEM MELALUIMODEL PROBLEM BASEDLEARNING PADA SISWAKELASVII MTs SUDIRMAN JIMBARAN KECAMATAN BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI EKOSISTEM MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Maesaroh, Himatul. 2019.Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Ekosistem Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VII Mts Sudirman Jimbaran Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019.Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Maslikhah, S.Ag.,M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar, dan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model Problem Based Learning dapat meningatkan hasil belajar IPA materi Ekosistem pada siswa kelas VII MTs Sudirman Jimbaran Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA dan siswa kelas VII MTs Sudirman Jimbaran yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih 1 bulan pada bulan April 2019. Penelitian ini merupakan (PTK) yang terdiri dari 3 Siklus yang setiap Siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapanya itu terdiri dari 1) untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrument penelitian lainnya. 2) melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran IPA. 3) pengambilan data tentang hasil melalui tes dan lembar pengamatan. 4) menganalisis data hasil pengamatan. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analis data yang digunakan peneliti adalah membandingkan pencapaian nilai dengan Kriterian Ketuntasan Minimal (KKM) dan ditandai dengan peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap Siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian pada Siklus I, Siklus II, dan Siklus III diperoleh data sebagai berikut: Standart KKM mata pelajaran IPA adalah 67, pada Siklus I terdapat 20 (66.6%) siswa tuntas belajar, dan10 (33,3%) siswa belum tuntas belajar dengan rata-rata kelas68,1%, pada Siklus II terdapat 23 (76,6%) siswa tuntas dan 7 siswa(23,3%) belum tuntas dengan rata-rata 74,6% dan pada Siklus III terdapat 26 (86.6%) siswa tuntas belajar dan 4 (13,3%) siswa belum tuntas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Sep 2019 03:22
Last Modified: 09 Sep 2019 03:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5691

Actions (login required)

View Item View Item