UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI ADAB BERGAUL DENGAN SAUDARA DAN TEMAN MELALUI MODEL ROLE PLAYING SISWA KELAS VIII MTS ROUDLOTUL FURQON DESA KEBUMEN KEC. BANYUBIRU KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Aisyah, (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI ADAB BERGAUL DENGAN SAUDARA DAN TEMAN MELALUI MODEL ROLE PLAYING SISWA KELAS VIII MTS ROUDLOTUL FURQON DESA KEBUMEN KEC. BANYUBIRU KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI pdf_compressed.pdf

Download (3MB)

Abstract

Aisyah. 2019. Upaya meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Materi Adab bergaul dengan Saudara dan Teman melalui Model Role Playing pada Siswa Kelas VIII MTs Roudlotul Furqon Desa Kebumen Kec. Banyubiru Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing Drs. Abdul Syukur, M Si. Kata Kunci : Hasil Belajar Aqidah Akhlak, Model Role Playing. Penelitian ini bertujuan : 1). Untuk mengetahui penerapkan Model Role Playing dalam meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Materi Adab bergaul dengan saudara dan teman pada Siswa Kelas VIII MTs Roudlotul Furqon Desa Kebumen Kec. Banyubiru Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. 2). Untuk mengetahui hasil belajar yang diperoleh siswa setelah ditetapkan Model Role Playing pada mata pelajaran Aqidah Akhlak Materi Adab bergaul dengan saudara dan teman Siswa Kelas VIII MTs Roudlotul Furqon Desa Kebumen Kec. Banyubiru Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yaitu suatu kegiatan penelitian ilmiah yang dilakukan secara rasional, sistematis dan empiris reflektif terhadap berbagai tindakan yang dilakukan oleh guru atau dosen (tenaga pendidik), kolaborasi (tim peneliti) yang sekaligus sebagai peneliti, sejak disusunnya suatu perencanaan sampai penilaian terhaadap tindakan nyata di dalam kelas yang berupa kegiatanbelajar mengajar, untuk memperbaiki dan meningkatkan kondisi pembelajaran yang dilakukan. Hasil penelitian bahwa hasil belajar siswa pada pra siklus tuntas 7 siswa (31,82%), siklus I meningkat menjadi 13 siswa (59,09%) siswa yang tuntas. Dan pada siklus II hasil belajar meningkat menjadi 22 siswa atau (100%) yang tuntas. Jadi, Penerapkan Model Role Playing dapat meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Materi Adab bergaul dengan saudara dan teman pada Siswa Kelas VIII MTs Roudlotul Furqon Desa Kebumen Kec. Banyubiru Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Serta Hasil belajar yang diperoleh siswa setelah ditetapkan Model Role Playing pada mata pelajaran Aqidah Akhlak Materi Adab bergaul dengan saudara dan teman Siswa Kelas VIII MTs Roudlotul Furqon Desa Kebumen Kec. Banyubiru Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018 sangat signifikan. Hal ini dibuktikan peningkatan nilai rata-rata hasil evaluasi yaitu Pra Siklus 67,27 meningkat pada Siklus 1 dengan rata-rata 74,81. Sedangkan dari siklus 1 rata-rata nilai 74,81 meningkat pada siklus II yaitu rata-rata 82,31.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Sep 2019 12:07
Last Modified: 09 Sep 2019 12:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5699

Actions (login required)

View Item View Item