PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS KARANGAN SEDERHANA BERDASARKAN GAMBAR SERI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE PADA SISWA KELAS III MI TEGAL WATON KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Herlita, Shella (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS KARANGAN SEDERHANA BERDASARKAN GAMBAR SERI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE PADA SISWA KELAS III MI TEGAL WATON KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi shella fik fik.pdf

Download (6MB)

Abstract

Herlita, Shella. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Karangan Sederhana Berdasarkan Gambar Seri Dengan Menggunakan Model Scramble Pada Siswa Kelas III MI Tegal Waton Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurusan PGMI. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Wahyudhiana, M.Pd. Kata kunci : Hasil belajar, Bahasa Indonesia, Model Scramble, Hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri dengan menggunakan model scramble pada siswa kelas III MI Tegal Waton Kec. Tengaran Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 24 siswa. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri hasilnya belum memuaskan karena hasil wawancara peneliti dengan guru kelas III MI Tegal Waton didapatkan faktor yang mempengaruhi pencapaian nilai KKM secara klasikal. Faktor tersebut diantaranya kurang pemahaman siswa berkaitan dengan materi yang di sampaikan karena guru tidak menggunakan model pembelajaran. Maka peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan model scramble pada siswa kelas III MI Tegal Waton Kec. Tengaran Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran scramble dengan gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri pada siswa kelas III semester 2 MI Tegal Waton Kec. Tengaran Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Dapat dibuktikan dari data yang per siklusnya, hasil pra siklus hanya 2 siswa (8,33%) yang tuntas KKM, sedangkan 22 siswa (91,67%) belum tuntas KKM. Selanjutnya pada siklus I, 7 siswa (29,16%) yang tuntas KKM, dan 17 siswa (70,84%) belum tuntas KKM dengan nilai rata-rata 67,20. Pada siklus II, 22 siswa 91,66% ? 85% yang tuntas KKM, sedangkan 2 siswa (8,34%) belum tuntas KKM dengan nilai rata-rata 83,58 .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Sep 2019 07:01
Last Modified: 09 Sep 2019 07:01
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5707

Actions (login required)

View Item View Item