Pengaruh Model Gallery Walk Melalui Media Diorama terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Cahaya dan Alat Optik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 9 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019.

Ibriza, Falicha (2019) Pengaruh Model Gallery Walk Melalui Media Diorama terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Cahaya dan Alat Optik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 9 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
REVISI pdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Karakteristik model gallery walk melalui media diorama terhadap kemampuan berpikir kreatif (2) Pengaruh penggunaan model gallery walk melalui media diorama terhadap kemampuan berpikir kreatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Salatiga sejumlah 56 siswa. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen panduan observasi guna mencari data penggunaan model gallery walk, dan kemampuan berpikir kreatif diperoleh melalui nilai ketrampilan oleh guru dalam hal berpikir kreatif siswa. Teknik analisis data menggunakan koefisien korelasi, uji regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Hasil penelitian dengan analisis deskripsi kuantitatif untuk instrumen dalam bentuk tes sebelum (pretest) diterapkan model gallery walk diperoleh skor rata-rata 66,7 berada pada kategori cukup sedangkan skor rata-rata setelah diberi (posttest) pada model gallery walk 76,2 yang berada pada kategori tinggi. Analisis pada hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan dengan kategori sedang dengan nilai signifikansi sebesar 0,525 antara variabel yang dihubungkan dan terdapat pengaruh pada hasil uji regresi linier sederhana bahwa sig = 0,000 < 0,05 dengan diperoleh nilai (a) sebesar 61,893 sedangkan nilai (b) sebesar 15,929 maka persamaan regresi linier sederhana Y= 61,893+15,929X, jadi H0 ditolak, dengan koefisien determinasi sebesar 27,6% sehingga H1 diterima artinya ada pengaruh antara penggunaan model gallery walk terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Jadi, penggunaan model gallery walk melalui media diorama berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Negeri 9 Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Sep 2019 14:25
Last Modified: 09 Sep 2019 14:25
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5708

Actions (login required)

View Item View Item