Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Makanan Dan Minuman Halal Maupun Haram Melalui Metode Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas VIII A MTs Ma’arif 2 Ngadipurwo Kec. Blora Kab. Blora Tahun Pelajaran 2018/2019

Hambali, Mohammad Ali Irham (2019) Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Makanan Dan Minuman Halal Maupun Haram Melalui Metode Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas VIII A MTs Ma’arif 2 Ngadipurwo Kec. Blora Kab. Blora Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI M. ALI IRHAM H. (23010150240).pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Hambali, Mohammad Ali Irham. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Makanan Dan Minuman Halal Maupun Haram Melalui Metode Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas VIII A MTs Ma’arif 2 Ngadipurwo Kec. Blora Kab. Blora Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing: Imam Mas Arum, M.Pd. Kata Kunci : Peningkatan, Hasil Belajar, dan Numbered Head Together Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih materi makanan dan minuman halal maupun haram pada siswa kelas VIII A MTs Ma’arif 2 Ngadipurwo Kec. Blora Kab. Blora tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, dengan jumlah 25 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini meliputi lembar observasi, silabus, RPP, materi ajar, dan soal evaluasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih materi makanan dan minuman halal maupun haram pada siswa kelas VIII A MTs Ma’arif 2 Ngadipurwo Kec. Blora Kab. Blora tahun pelajaran 2018/2019. Hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar siswa pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Peningkatan dari pra siklus sampai siklus I yaitu 24%, dari siklus I ke siklus II yaitu 28%. Hasil belajar pada pra siklus yang tuntas sejumlah 11 siswa atau sebesar 44%, pada siklus I yang tuntas sejumlah 17 siswa atau sebesar 68%, kemudian pada siklus II yang tuntas sejumlah 24 siswa atau sebesar 96%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Sep 2019 08:08
Last Modified: 09 Sep 2019 08:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5709

Actions (login required)

View Item View Item