PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI PEMANFAATAN ENERGI DENGAN METODE TEKS ACAK PADA SISWA KELAS IV SD TUNTANG 04 TAHUN AJARAN 2013/2014

Astutik, Yuni (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI PEMANFAATAN ENERGI DENGAN METODE TEKS ACAK PADA SISWA KELAS IV SD TUNTANG 04 TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Yuni Astutik_11510057.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Bahasa merupakan hal pokok dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya atau cara menyampaikan pesan pada orang lain. Karena pentingnya bahasa ini maka bahasa diajarkan sejak dini, dimulai dari lingkungan keluarga. Kemudian dilanjutkan disekolah. Bahasa pokok dalam setiap jenjang sekolah. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut, Apakah metode teks acak dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Tuntang 04 sesuai standar KKM ? Dari rumusan masalah tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah metode teks acak dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia kelas IV SD Tuntang 04. Dari penelitian ini penulis ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar bahasa indonesia materi pemanfaatan energi dengan metode teks acak pada siswa kelas IV SD Tuntang 04 Kabupaten Semarang tahun 2014. Metode penelitian menggunakan teks acak. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia materi pemanfaatan energi dengan metode teks acak pada siswa SD Tuntang 04 menunjukkan adanya peningkatan setelah menggunakan metode teks acak dalam pembelajaran bahasa Indonesia terjadi peningkatan prestasi belajar siswa, sebelum tindakan hanya 5 siswa yang tuntas, pada siklus I menjadi 9 siswa. Atau terjadi peningkatan sebesar 26,7%. Jadi pada siklus I ini siswa yang telah memenuhi KKM mencapai 60%. Pada siklus II, terjadi peningkatan 26.7% dari siklus I. siswa yang memenuhi KKM sebanyak 13 siswa, atau 86,7 %. Penerapan metode teks acak pada pembelajaran Bahasa Indonesia cukup efektif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2016 04:50
Last Modified: 26 Feb 2016 04:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/572

Actions (login required)

View Item View Item