PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI POKOK ILMU TAJWID DALAM Q.S. AN-NISA’/4: 146, Q.S. AL-BAQARAH/2: 153, DAN Q.S. ALI IMRAN/3: 134 MELALUI METODE CARD SORT PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 1 BANYUBIRU KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SULISTIANINGTIAS, ENDANG (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI POKOK ILMU TAJWID DALAM Q.S. AN-NISA’/4: 146, Q.S. AL-BAQARAH/2: 153, DAN Q.S. ALI IMRAN/3: 134 MELALUI METODE CARD SORT PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 1 BANYUBIRU KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ENDANG SULISTIANINGTIAS - 23010150154.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sulistianingtias, Endang. 2019. Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Pokok Ilmu Tajwid dalam Q.S. An-Nisa’/4: 146, Q.S. Al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Ali Imran/3: 134 melalui Metode Card Sort pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 1 Banyubiru Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Drs. Sumarno Widjadipa, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Tajwid, dan Metode Card Sort Penelitian ini digunakan untuk menjawab permasalahan yaitu apakah metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi pokok ilmu tajwid dalam Q.S. An-Nisa’/4: 146, Q.S. Al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Ali Imran/3: 134 pada siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Banyubiru Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI materi pokok ilmu tajwid dalam Q.S. An-Nisa’/4: 146, Q.S. Al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Ali Imran/3: 134 melalui metode card sort pada siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Banyubiru Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pra siklus dan tiga siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara membandingkan antara skor nilai tiap siklus dengan KKM yang telah ditentukan oleh sekolah. Hasil dari penelitian ini mulai dari pra siklus, siklus I, siklus II, dan siklus III mengalami peningkatan ketuntasan dalam hasil belajar. Dari 29 siswa pra siklus memiliki data ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 14 siswa atau sebanyak 48,28%. Siklus I memiliki data ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 20 siswa atau sebanyak 68,97% sehingga, dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 6 siswa. Siklus II memiliki data ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 23 siswa atau sebanyak 79,31% sehingga, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 3 siswa dan dari siklus II ke siklus III mengalami peningkatan ketuntasan belajar siswa yaitu 3 siswa. Data ketuntasan siswa yang dimiliki siklus III yaitu 27 siswa atau sebanyak 93,10%. Adapun nilai rata-rata kelas yang diperoleh dari hasil nilai tiap siklus juga mengalami peningkatan yaitu pada pra siklus memiliki rata-rata 66,03 pada siklus I memiliki rata-rata 75,09 pada siklus II memiliki rata-rata 79,28 pada siklus III memiliki rata-rata 82,69. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas dengan penggunaan metode card sort pada materi pokok ilmu tajwid ini dinyatakan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Banyubiru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Sep 2019 05:29
Last Modified: 11 Sep 2019 05:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5752

Actions (login required)

View Item View Item