PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM TATA SURYA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VII SEMESTER 2 SMP NEGERI 3 GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Isnaini, Rizka (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM TATA SURYA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VII SEMESTER 2 SMP NEGERI 3 GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
jadi. RIZKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Isnaini, Rizka 2019.Peningkatan HasilBelajar IPA Materi Sistem Tata Surya Melalui Media Audio Visual pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 3 Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Peni Susapti, S.Si., M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Audio Visual, Sistem Tata Surya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa materi sistem tata surya dengan menggunakan media Audio Visual pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus melalui tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Getasan yang berjumlah 24 siswa dengan rincian 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan.Berdasarkan hasil penelitian, media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sistem tata surya pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dari hasil pra siklus yang mencapai KBM hanya 12,5% (3 siswa yang tuntas). Kemudian pada siklus I siswa yang telah mencapai KBM yaitu 25% (6 siswa yang tuntas) dengan rata-rata nilai adalah 44,58 meningkat menjadi 53,33 dengan selisih 8,75. Pada siklus II telah mencapai KBM sebesar 87,5% (sejumlah 21 siswa yang tuntas) dengan rata-rata nilai adalah 53,33 meningkat menjadi 77,91 dengan selisih 24,58. Persentase siswa yang mencapai KBM pada siklus II yaitu 87,5% menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal telah dicapai lebih dari 85%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Sep 2019 07:44
Last Modified: 11 Sep 2019 07:44
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5755

Actions (login required)

View Item View Item