PENGARUH MEDIA EARTH LAYER BALL (ELB) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LERANING (CTL) MATERI LAPISAN BUMI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SMP NEGERI 2 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Warrahmah, Annas Putri (2019) PENGARUH MEDIA EARTH LAYER BALL (ELB) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LERANING (CTL) MATERI LAPISAN BUMI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SMP NEGERI 2 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
COVER ,ABSTRK,WKWK.pdf

Download (4MB)

Abstract

Warrahmah, Annas Putri. 2019. Pengaruh Media Earth Layer Ball (ELB) dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Materi Lapisan Bumi Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Anggun Zuhaida, M.Pd. Kata Kunci: contextual teaching and learning, earth layer ball, hasil belajar, media Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik penggunaan media Earth Layer Ball (ELB) dengan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) pada materi lapisan bumi terhadap hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media Earth Layer Ball (ELB) dengan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) pada materi lapisan bumi pada siswa. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian eksperimen semu dengan bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik cluster random sampling dengan menggunakan nilai UTS siswa seluruh kelas VII SMP N 2 Salatiga. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti menggunakan observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh hasil belajar di kelas eksperimen yang menerapkan model contextual teaching and learning dengan media earth layer ball terhadap hasil belajar IPA. Berdasarkan uji korelasi didapatkan hasil 0,504 dengan kategori sedang, serta uji regresi linier sederhana didapat nilai sebesar 0,004 kurang dari 0,05 (0,004 < 0,05) dengan persamaan regresi sebesar Y = 8,672 + 0,396 X dan koefisen determinasi sebesar 25,4% maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh antara penggunaan media Earth Layer Ball (ELB) dan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Sep 2019 09:17
Last Modified: 11 Sep 2019 09:17
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5757

Actions (login required)

View Item View Item