KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MUHAMMAD NATSIR

Choirulloh, Syifa Fitri (2019) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MUHAMMAD NATSIR. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI SYIFA 23010150064.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pendidikan Islam Menurut Nuhammad Natsir, karena masih terjadinya dikotomi ilmu. Berangkat dari itu penulis kemudian membahas tentang konsep pendidikan Islam menurut Muhammad Natsir. Dalam hal ini penulis menelaah beberapa hal, diantaranya: (1) Bagaimana konsep M. Natsir tentang pendidikan Islam? (2) Apa landasan konsep pemikiran M. Natsir dalam pendidikan Islam? (3) Apa relevansi konsep pendidikan Islam menurut M. Natsir pada praktek pendidikan sekarang?. Metodologi yang digunakan adalah Library Search (Literatur) dengan mengambil 2 sumber data yaitu primer buku Muhammad Natsir dan data sekunder yakni buku-buku karya orang lain yang menceritakan tentang pemikiran Islam menurut Muhammad Natsir, adapun teknis analisis data menggunakan deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Muhammad Natsir ingin mengkonsep pendidikan yang bernuansa integral, harmonis dan universal yang beliau dapat dari ijtihad beliau dan renungan dari Al-Qur’an dan hadis. Landasan yang beliau pakai adalah tauhid dan. Relevansi konsep Muhammad Natsir integral, harmonis dan universal adalah sudah digabungkannya antara pendidikan umum dan pendidikan agama dan menyelaraskan pemikiran para peserta didik dan tidak membedakan antar golongan, warana kulit, pemikiran barat atau timur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Sep 2019 10:17
Last Modified: 11 Sep 2019 10:17
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5764

Actions (login required)

View Item View Item