Upaya Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Asmaul Husna Melalui Metode Hanifida Pada Siswa Kelas Vii A di Mts Al Uswah Sidorejo, Bergas Lor Kec. Bergas Kab. Semarang Tahun 2019

Fitriana, Nur (2019) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Asmaul Husna Melalui Metode Hanifida Pada Siswa Kelas Vii A di Mts Al Uswah Sidorejo, Bergas Lor Kec. Bergas Kab. Semarang Tahun 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
fix 1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fitriana.Nur.2019. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Asmaul Husna Melalui Metode Hanifida Pada Siswa Kelas VII A di Mts Al Uswah Sidorejo, Bergas Lor Kec. Bergas Kab. Semarang Tahun 2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Drs. Sumarno Widjadipa, M. Pd. Kata Kunci: Akidah Akhlak, Asmaul Husna, dan Metode Hanifida. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode Hanifida dalam mata pelajaran Akidah Akhlak materi Asmaul Husna dapat meningkatkan hasil belajar dan mencapai target KKM/ KBM pada siswa kelas VII AMTs Al Uswah Bergas tahun pelajaran 2018/2019. Oleh karena itu, tujuan penelitian skripsi ini untuk mengetahui metode Hanifida dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak dan dapat mencapai target KKM/ KBM siswa kelas VII A MTs Al Uswah Bergas tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dengan menggunakan pra siklus dan 3 siklus yang setiap siklusnya masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaa, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas siswa kelas VII A MTs Al Uswah Bergas sebanyak 30 siswa. Analisi data yang dilakukan dengan dengan membandingkan skor nilai setiap siklus dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan yaitu 75 sekaligus ditandai adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Hasil penelinititan ini dimulai dari pra siklus, siklus I, siklus II, dan siklus IIImengalami peningkatan. Dimulai dari Pada pra siklus yang diperoleh terdapat 10 siswa yang tuntas atau dalam presentase mencapai 33%. Pada siklus I sudah mengalami peningkatan yakni terdapat 14 siswa yang tuntas atau dalam presentasenya mencapai 46%. Pada siklus II persentase kriteria ketuntasan klasikal mencapai 53%. Pada siklus III data ketuntasan yang dimilik yaitu 28 siswa tuntas atau dalam presentasenya mencapai 93,33%. Adapun nilai rata – rata kelas yang diperoleh dimulai dari nilai rata-rata pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan yakni dari 70,33 meningkat menjadi 71,33. Pada siklus II yang mengalami peningkatan dari siklus I yakni dari nilai rata – rata 71,33 menjadi 74,66. Pada siklus III mengalami peningkatan dari siklus II yakni dari nilai rata-rata 74,66 menjadi 85,33. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar dan mencapai target KKM/ KBM Akidah Akhlak siswa VII A MTs Al Uswah Bergas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Sep 2019 13:32
Last Modified: 11 Sep 2019 13:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5774

Actions (login required)

View Item View Item