PENGARUH METODE MIND MAPPING BERBASIS BARANG BEKAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK KELAS VIII SEMESTER 2 DI SMP NEGERI 8 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Ulfa, Mariya (2019) PENGARUH METODE MIND MAPPING BERBASIS BARANG BEKAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK KELAS VIII SEMESTER 2 DI SMP NEGERI 8 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MARIYA ULFA 23060150028.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ulfa, Mariya. 2019. Pengaruh Metode Mind Mapping Berbasis Barang Bekas terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Cahaya dan Alat Optik Kelas VIII Semester 2 di SMP Negeri 8 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Anggun Zuhaida, M.Pd. Kata Kunci: Mind Mapping,Barang bekas, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan dan pengaruh metode mind mapping berbasis barang bekas terhadap hasil belajar IPA pada materi cahaya dan alat optik siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimental semu. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara Convenience Sampling ( sampel berdasarkan kemudahan) yaitu kelas VIII H (kelas eksperimen) dan kelas VIII A (kelas kontrol) SMP Negeri 8 Salatiga, masing-masing berjumlah 29 siswa dan 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan soal, angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini meliputi soal, angket dan lembar observasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan koefisien korelasi, regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Mind mapping sangat membantu proses belajar siswa, hemat biaya karena menggunakan barang barang bekas untuk dijadikan mind mapping. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil angket yang telah disebar pada kedua sampel. Pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa respon siswa lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, karena pada kelas eksperiemn siswa sudah pendapatkan metode mind mapping. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan yang kuat dengan nilai signifikansi sebesar 0,716 antar variabel yang dihubungkan dan terdapat pengaruh sebesar 51,3% dengan nilai R Square sebesar 0,513 antara dua variabel, pada hasil uji regresi linier sederhana dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh metode mind mapping berbasis barang bekas terhadap hasil belajar IPA pada materi cahaya dan alat optik siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Sep 2019 13:49
Last Modified: 11 Sep 2019 13:49
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5775

Actions (login required)

View Item View Item