PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI MEMBUAT PUISI MELALUI METODE EXAMPLES NON EXAMPLES BERBANTU MEDIA VISUAL CETAK PROFESI PADA MI MIFTAHUL HUDA LOPAIT KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Retnowati, Revi Gustin (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI MEMBUAT PUISI MELALUI METODE EXAMPLES NON EXAMPLES BERBANTU MEDIA VISUAL CETAK PROFESI PADA MI MIFTAHUL HUDA LOPAIT KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
REVI GUSTIN R_compressed.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Retnowati, Revi G. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Materi Membuat Puisi Melalui Metode Examples Non Examples Berbantu Media Visual Cetak Profesi pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Huda Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga.Pembimbing : Dra. Nur Hasanah, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Examples Non Examples, Media Visual Cetak Profesi Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode examples non examples berbantu media visual cetak profesi dapat meningkatkan hasil belajar materi membuat puisi pada siswa kelas IV MI Miftahul Huda Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Hasil belajar materi puisi masih banyak yang dibawah KKM, rata-rata kelas hanya mencapai 65,78% sedangkan KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Hal itu dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah dan kurang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu, peneliti berupaya untuk meningkatkan hasil belajar materi puisi melalui metode examples non examples berbantu media visual cetak profesi dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran terutama pada materi puisi. Metode ini mengarahkan pemahaman siswa pada pembelajaran aktif, yang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran agar siswa lebih mampu memahami materi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV B yang berjumlah 19 siswa, yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data diambil dari nilai akhir siswa, dokumentasi, observasi dengan mengamati perilaku siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dikatakan bahwa penggunaan Metode Examples Non Examples berbantu Media Visual Cetak Profesi dapat meningkatkan hasil belajar materi membuat puisi pada siswa kelas IV MI Miftahul Huda Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Dapat dilihat dari hasil pembahasan yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 65,78% menjadi 71,84% pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 77,84%. Jadi, dari pra siklus ke siklus II nilai rata-rata hasil belajar meningkat. Untuk angka ketuntasan belajar siswa dari pra siklus ke siklus I naik menjadi 14 siswa atau sebesar 73,68% dan menjadi 17 siswa pada siklus II atau sebesar 89,47%. Jadi, angka ketuntasan belajar dari pra siklus ke siklus II meningkat sebesar 89,47%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2019 09:29
Last Modified: 12 Sep 2019 09:29
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5787

Actions (login required)

View Item View Item