Problematika Pembelajaran Fiqih di MTs Tarqiyatul Himmah Tahun 2019.

Annaufal, Nadhim Afiqh (2019) Problematika Pembelajaran Fiqih di MTs Tarqiyatul Himmah Tahun 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi nadhim afiqh annaufal.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pembelajaran Fiqih di MTs Tarqiyatul Himmah, bagaimana problematika dalam pembelajaran Fiqih di MTs Tarqiyatul Himmah, dan bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru fiqih dalam memecahkan problematika pembelajaran Fiqih di MTs Tarqiyatul Himmah. Dalam pencapaian tujuan pembelajaran Fiqih tidak mudah dan menghadapi banyak masalah. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metodekualitatif, dengan menggunakan pendekatan field research atau penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Problematika yang ditemukan adalah siswa yang memiliki kemampuan kurang, seperti belum bisa membaca al-Qur’an. Dengan demikian siswa memiliki kendala dalam mempelajari materi Fiqih. Selain itu adalah jam pelajaran yang kurang, kontrol orang tua yang kurang, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai. Solusi untuk mengatasi problem siswa dengan kegiatan ekstrakurikuler BTQ. Upaya permasalahan yang lain adalah memanfaatkan waktu dengan efektif, pertemuan wali siswa dengan sekolah, dan memanfatkan sarana dan prasarana seadanya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2019 03:32
Last Modified: 12 Sep 2019 03:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5798

Actions (login required)

View Item View Item