PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TEMA 3 SUBTEMA 1 MATERI HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU MENGGUNAKAN STRATEGI SYNERGETIC TEACHING PADA SISWA KELAS IV SDN TINGKIR LOR 01 KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Kaffah, Silmi (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TEMA 3 SUBTEMA 1 MATERI HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU MENGGUNAKAN STRATEGI SYNERGETIC TEACHING PADA SISWA KELAS IV SDN TINGKIR LOR 01 KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI Silmi Kaffah (word) (1)-dikompresi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar IPA di SDN Tingkir Lor 01 Kota Salatiga masih terhitung rendah terlihat dari data hasil belajar siswa yang belum mencapai KBM (Kriteria Belajar Minimal) yaitu 70. Dalam pembelajaran siswa masih sulit memahami ,materi yang disampaikan guru kurang adanya antusias siswa dalam mengikuti pelajaran. Oleh karena itu perlu adanya penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Tingkir Lor 01 Kota Salatiga dengan menggunakan penerapan strategi Synergetic Teaching dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah strategi Synergetic Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPA tema 3 subtema 1 materi Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku pada siswa kelas IV SDN Tingkir Lor 01 Kota Salatiga tahun pelajaran 2018/2019 dan apakah penerapan strategi Synergetic Teaching dapat mencapai target KBM kelas (85%) pada siswa kelas IV SDN Tingkir Lor 01 Kota Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/ pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tingkir Lor 01 Kota Salatiga yang berjumlah 33 siswa meliputi 15 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis secara statistic menggunakan rumus presentase, apabila ?85% siswa tuntas maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran dengan menggunakan strategi Synergetic Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil persentase hasil belajar siswa pada setiap siklus yang selalu meningkat, yaitu yang dari awalnya Pra Siklus memiliki ketuntasan 36,36% kemudian mengalamai peningkatan pada siklus I sebesar 66,66%, siklus II sebesar 75,75%, dan siklus III 100%. Dengan data tersebut membuktikan bahwa adanya peningkatan pada pencapaian hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2019 12:05
Last Modified: 12 Sep 2019 12:05
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5808

Actions (login required)

View Item View Item