Analisis Strategi Peningkatan Jumlah Nasabah di BMT Insan Mandiri Gemolong Sragen

D, ARUM SEKAR SARI (2019) Analisis Strategi Peningkatan Jumlah Nasabah di BMT Insan Mandiri Gemolong Sragen. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TA arum sekar FIXS.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dewi, Arum, Sekar Sari. 2019. Analisis Strategi Peningkatan Jumlah Nasabah di BMT Insan Mandiri Gemolong. Tugas Akhir. Jurusan DIII Perbankan Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing Dr. Mochlasin, M. Ag Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi peningkatan jumlah nasabah, kendala yang dihadapi dan faktor pendukung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui wawancara dan observasi. Penelitian dilakukan di BMT Insan Mandiri Gemolong Kabupaten Sragen. Berdasarkan analisis data strategi peningkatan jumlah nasabah hampir sama dengan strategi yang digunakan oleh marketing di lembaga keuangan syariah seperti ketekunan, pelayanan, ramah, sebar brosur, kemukakan kelebihan, menjelaskan produk, keluarga, saudara, tetangga, teman lama atau baru, masyarakat, sekolahan, lewat sosial media, antar jemput buku tabungan antar sekolah dan memasang spanduk di jalan. Sedangkan kendala yang dihadapi yaitu saingan, pihak pasar yang tidak mau buku diprint dan kurang dipercaya maksudnya adalah masyarakat tidak percaya dengan para marketing yang membawa uang mereka yang ditakutkan uangnya akan di bawa kabur oleh para marketing. Faktor juga mempengaruhi dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah di BMT. Dengan marketing menggunakan strategi-strategi tersebut akan menambah pendapatan BMT dan terjadi peningkatan jumlah nasabah. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Strategi peningkatan jumlah nasabah di BMT Insan Mandiri yaitu sudah terjadi peningkatan jumlah nasabah dari tahun ke tahun dengan menggunakan strategi yang telah digunakan marketingdari dulu. (2) Kendala yang di hadapi oleh para marketingBMT Insan Mandiri kendalanya sama dengan kendala yang di hadapi oleh lembaga keuangan yang lain yaitu tingkat persaingan antar lembaga keuangan. (3) faktor pendukung BMT Insan Mandiri lokasinya yang strategis yang memudahkan para calon anggota untuk menemukannya. Kata kunci: Strategi Peningkatan Jumlah Nasabah, BMT Insan Mandiri Gemolong Sragen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2019 13:27
Last Modified: 12 Sep 2019 13:27
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5812

Actions (login required)

View Item View Item