Strategi Dakwah K.H Yusuf Chudlori Dalam Meningkatkan Penyampaian Pesan Dakwah

utamimah, Maftuchahtul (2019) Strategi Dakwah K.H Yusuf Chudlori Dalam Meningkatkan Penyampaian Pesan Dakwah. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
BAKAR CD.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Utamimah, Maftuchatul. 2019. Strategi Dakwah K.H Yusuf Chudlori Tegalrejo Magelang Dalam Meningkatkan Penyampaian Pesan Dakwah. Skripsi Fakultas Dakwah Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Institu Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. H. Bahroni, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Dakwah, Bahasa Jawa, Media Komunikasi, K.H Yusuf Chudlori Penelitian ini membahas tentang: Bahasa Jawa Sebagai media dakwah (Studi Dakwah K.H Yusuf Chudlori Tegalrejo Magelang). Dengan rumusan masalah (1) Apa strategi dakwah yang digunakan oleh K.H Yusuf Chudlori? (2) Apa yang melatar belakangi K.H Yusuf Chudlori meenggunakan bahasa Jawa sebagai media komunikasi untuk meningkatkan penyampaian pesan dakwah?, dan (3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan bahasa Jawa sebagai media komunikasi untuk meningkatkan penyampaian pesan dakwah menurut K.H Yusuf Chudlori? Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah penelitian deskriptif kualitatif yang merupakan seperangkat metodologi yang luas diterapkan pada percakapan dan baik teks secara alami maupun direncanakan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang didapat dikumpulkan dan dipaparkan berdasarkan jenis data sehingga terdapat pola dan struktur dari fokus masalah yang telah dikaji kemudian ditafsirkan sehingga mendapatkan jawaban dari fokus penelitian tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) strategi yang diigunakan oleh Gus Yuusf yaitu dengan menggunakan bahasa Jawa dalam melakukan aktivitas dakwah. Aktivitas dakwah yang dilakukan oleh Gus Yusuf untuk meningkatkan penyampaian pesan dakwah yaitu dengan menggunakan bahasa Jawa untuk meningkatkan penyampaian pesan karena dirasa lebih mudah di mengerti oleh mad?u serta merupakan bahasa yang komunikatif. (2) Yang melatar belakangi Gus Yusuf menggunakan bahasa Jawa sebgai media komunikasi untuk meningkatkan penyampaian pesan dakwah karena dalam kehidupan sehari-hari Gus Yusuf berkomunikasi menggunakan bahasa Jawa, yang dirasa lebih dekat dengan masyarakat jika menggunakan bahasa Jawa. Bahasa Jawa termasuk bahasa yang komunikatif sebagai alat berdakwah, di dalam bahasa Jawa adanya tingkatan (unggah-ungguh), bisa dilihat dari siapa lawan bicaranya. Berdakwah menggunakan bahasa Jawa menurut Gus Yusuf lebih sopan dibandingkan menggunakan bahasa yang lainnya. (3) Dalam menggunakan Bahasa Jawa sebagai media komunikasi untuk meningktakan penyampaian pesan dakwah dilakukan karena adanya dukungan dari masyarakat untuk melakukan aktivitas dakwah menggunakan bahasa Jawa, serta latar belakang Gus Yusuf yang lahir dikalangan nahdhiyin / santri. Hambatan yang muncul dalam melakukan aktivitas dakwah menggunakan bahasa Jawa yaitu ketika mad?u bukan berasal dari Jawa akan menghambat proses penerimaan pesan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2019 13:30
Last Modified: 12 Sep 2019 13:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5814

Actions (login required)

View Item View Item