PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI JENIS PEKERJAAN MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG PROFESI DALAM PENERAPAN STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION KELAS III DI MI TAMRINUL ULUM JETIS DESA GENTAN KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Larasati, Ayu (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI JENIS PEKERJAAN MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG PROFESI DALAM PENERAPAN STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION KELAS III DI MI TAMRINUL ULUM JETIS DESA GENTAN KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
AYU LARASATI PGMI'15 0147.pdf

Download (5MB)

Abstract

Larasati, Ayu. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Materi Jenis Pekerjaan menggunakan Media Wayang Profesi dalam Penerapan Strategi Learning Start With A Question kelas III MI Tamrinul Ulum Jetis Desa Gentan Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembibing Drs. Sumarno Widjadipa, M. Pd. Kata kunci: Hasil Belajar, IPS, Media Wayang Profesi, Strategi Learning Start With A Question. Pembelajaran IPS di MI Tamrinul Ulum Jetis Desa Gentan Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang belum menggunakan berbagai strategi atau media pembelajaran aktif. Hal ini menyebabkan siswa cenderung pasif terhadap materi yang disampaikan yaitu jenis-jenis pekerjaan. Terbukti dari rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM yang ditentukan sekolah 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi jenis-jenis pekerjaan melalui menggunakan media Wayang Profesi pada penerapan Strategi Learning Start with A Question pada siswa kelas III MI Tamrinul Ulum Jetis Desa Gentan Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III MI Tamrinul Ulum Jetis Desa Gentan Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang yang berjumlah 15 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa penggunaan media Wayang Profesi pada penerapan Strategi Learning Start with A Question pada materi jenis-jenis pekerjaan dilihat dari kondisi awal pada pra siklus siswa yang tuntas dengan KKM 70 sebanyak 5 siswa (33,4%) dengan nilai rata-rata 60,27, kemudian pada siklus I, siswa yang tuntas dengan KKM meningkat sebanyak 7 siswa (46,6%) dengan nilai rata-rata 64 dan pada siklus II dicapai persentase ketuntasan belajar dengan KKM 70 sebanyak 10 siswa (66,7%) dengan nilai rata-rata 73,4, Kemudian pada siklus III dicapai presentase 86,7% dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 13 siswa dengan rata-rata 80,6. Hal tersebut telah mencapai KKM klasikal yang telah ditentukan yaitu ? 85%. Kesimpulannya adalah penelitian tidakan kelas dengan penggunaan media Wayang Profesi pada penerapan Strategi Learning Start with A Question materi jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III MI Tamrinul Ulum Jetis Desa Gentan Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019 dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2019 07:48
Last Modified: 12 Sep 2019 07:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5820

Actions (login required)

View Item View Item