PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MATERI PENGELOLAAN WAKAF MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS X RPL 2 SEMESTER 2 SMK NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

KHIKMAHTUN, (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MATERI PENGELOLAAN WAKAF MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS X RPL 2 SEMESTER 2 SMK NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Khikmahtun, S.Pd..pdf

Download (4MB)

Abstract

Khikmahtun. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Materi Pengelolaan Wakaf Menggunakan Metode Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas X RPL 2 Semester 2 SMK Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sutrisna, S.Ag.,M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Role Playing Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa SMK N 1 Tengaran pada pembelajaran PAI. Salah satunya karena kurangnya variasi metode yang digunakan saat pembelajaran. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: apakah penggunaan metode pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI materi pengelolaan wakaf pada siswa kelas X RPL 2 semester 2 SMK Negeri 1 Tengaran kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 31 siswa kelas X RPL 2 SMK N 1 Tengaran. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan antara skor nilai setiap siklus dengan KKM yang telah ditetapkan di SMK N 1 Tengaran yaitu ?75. Hasil penelitian menunjukkan pada pra siklus yang mencapai KKM sebanyak 5 siswa atau 16,12%. Pada siklus I yang mencapai KKM sebanyak 20 siswa atau 64,51%. Pada siklus II yang mencapai KKM sebanyak 27 siswa atau 87,09%. Peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I mencapai 49%, sedangkan dari siklus I ke siklus II mencapai 22%. Alasan 4 siswa yang tidak tuntas karena siswa tidak mengikuti pelajaran sampai selesai, tidur di dalam kelas, ijin keluar kelas, dan tidak mempunyai semangat belajar. Jadi, pembelajaran menggunakan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI materi pengelolaan wakaf pada kelas X semester 2 SMK Negeri 1 Tengaran kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2019 15:05
Last Modified: 12 Sep 2019 15:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5823

Actions (login required)

View Item View Item