PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SIFAT CAHAYA DAN PROSES PEMBENTUKAN BAYANGAN PADA CERMIN MELALUI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA KELAS VIII A SEMESTER 2 SMP N 7 KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Muafah, Danifatul (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SIFAT CAHAYA DAN PROSES PEMBENTUKAN BAYANGAN PADA CERMIN MELALUI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA KELAS VIII A SEMESTER 2 SMP N 7 KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Danifatul(2).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Muafah, Danifatul. 2019. Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sifat Cahaya dan Proses Pembentukan Bayangan pada Cermin Melalui Metode Contextual Teaching and Learning pada Kelas VIII A Semester 2 SMP N 7 Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Tadris Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Maslikhah, S.Ag., M.Ag. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA materi Sifat Cahaya dan Proses Pembentukan Bayangan pada Cermin siswa kelas VIII A SMP N 7 Kota Salatiga. Penyebab rendahnya hasil belajar siswa yaitu kurang antusiasnya siswa dalam mengikuti pelajaran, kurang efektif dalam menggunakan kurikulum 2013, dan kurang efektif dalam menggunakan metode pembelajaran. Oleh karena itu perlu dilakukan usaha peningkatan hasil belajar dengan menggunakan penelitian tindakan kelas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah penggunaan metode Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi sifat cahaya dan proses pembentukan bayangan pada cermin di SMP N 7 Kota Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas melalui tiga siklus, setiap siklus memiliki empat kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP N 7 Kota Salatiga yang berjumlah 31 siswa meliputi 15 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi RPP, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Metode CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa, jika indikator keberhasilan belajar secara klasikal 85% dari seluruh jumlah siswa. Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Sifat Cahaya dan Proses Pembentukan pada Cermin pasa siswa kelas VIII A SMP N 7 Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Siklus I dan Siklus II 25,81% dan Siklus II ke Siklus III 38,71%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I 22,58% siswa tuntas belajar, Siklus II 48,39% siswa tuntas belajar, dan Siklus III 87,10% siswa tuntas belajar. Siswa yang belum tuntas belajar pada Siklus III diberikan tutorial tentang materi pelajaran, latihan soal, dan ujian mendiri yang didampingi oleh guru sehingga diharapkan semua siswa dapat tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2019 10:58
Last Modified: 13 Sep 2019 10:58
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5828

Actions (login required)

View Item View Item