Utami, Kunti Silvi (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI DAUR AIR MENGGUNAKAN METODE BERNYANYI DENGAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V MI DARUL FALAH BAKALREJO KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi Kunti Silfi Utami.pdf Download (8MB) |
Abstract
Utami, Kunti Silfi. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Daur Air Menggunakan Metode Bernyanyi Dengan Audio Visual Pada Siswa Kelas V MI Darul Falah Bakalrejo Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Budiyono Saputro, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Metode Bernyanyi, Audio Visual Hasil Belajar IPA di MI Darul Falah Bakalrejo Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang masih rendah, hal ini dikarenakan penyampaian materi yang bersifat monoton atau tanpa variasi sehingga membuat siswa cepat merasa bosan, jenuh dan pasif. Hal ini pula berkaitan dengan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi daur air menggunakan metode bernyanyi dengan audio visual pada siswa kelas V MI Darul Falah Bakalrejo Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Darul Falah Bakalrejo Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 18 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi atau pengamatan, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode bernyanyi dengan audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi daur air pada siswa kelas V MI Darul Falah Bakalrejo tahun 2019. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus pada siklus I dan II diperoleh data sebagai berikut: standar KKM mata pelajaran IPA adalah 70, sebelum menggunakan metode bernyanyi dengan audio visual hanya ada 33% atau 6 siswa yang tuntas belajar sedangkan 67% atau 12 siswa belum tuntas belajar, dengan nilai rata-rata 58,06. Setelah menggunakan metode bernyanyi dengan audio visual dalam pembelajarean IPA pada siklus I diperoleh data 56% atau 10 siswa tuntas belajar dan 44% atau 8 siswa belum tuntas belajar, dengan nilai rata-rata 70,27. Setelah dilakukan refleksi siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II yaitu 89% atau 16 siswa tuntas belajar dan 11% atau 2 siswa belum tuntas belajar, dengan nilai rata-rata 79,28. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari siklus I ke siklus II adalah 33%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Terapan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Sep 2019 06:38 |
Last Modified: | 13 Sep 2019 06:38 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5835 |
Actions (login required)
View Item |