PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUBUH HEWAN MELALUI CARD SORT PADA SISWA KELAS II MI MA’ARIF KARANG TENGAH TLOGOPUCANG KANDANGAN TEMANGGUNG 2014

Mujazanah, Sarifatul (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUBUH HEWAN MELALUI CARD SORT PADA SISWA KELAS II MI MA’ARIF KARANG TENGAH TLOGOPUCANG KANDANGAN TEMANGGUNG 2014. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Sarifatul Mujazanah_11510053.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan tindakan kelas dengan maksud menjawab permasalahan apakah penerapan strategi card sort dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas II MI Ma‟arif Karang Tengah Tlogopucang Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung tahun pelajaran 2014/2015. Subyek dari penelitian ini adalah semua siswa kelas II MI Ma‟arif Karang Tengah Tlogopucang Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung tahun pelajaran 2014/2015, dengan jumlah 22 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (ActionResearch) sebanyak 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Data yang diperoleh berupa hasil nilai aktifitas belajar dan tes tindakan, lembar observasi kegiatan belajar mengajar yang terdiri dari observasi siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi data hasil belajar, data tentang situasi belajar mengajar dan tentang refleksi, data tentang keterkaitan antara perenca naan dengan pelaksanaan dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis didapatkan kesimpulan bahwa penerapan strategi card sort dapat meningkatkan prestasi belajar siswa untuk mata pelajaran IPA pada siswa kelas II MI Ma‟arif Karang Tengah Tlogopucang Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung tahun pelajaran 2014/2015. Peningkatan prestasi ketuntasan belajar siswa tersebut dibuktikan pada pelaksanaan siklus I pre test 7 (30%) siswa yang tuntas dan di post test 11 (48%) peningkatan yang terjadi 4 17% siswa. Pada pelaksanaan siklus II pre test 9 (43%) siswa dan di post test 15 (70%) peningkatan yang terjadi 6 (26%). Pada pelaksanaan siklus III pre test 16 (70%) siswa dan post test 21 (96%) peningkatan yang terjadi 5 (21%) prosentase pada pelaksanaan siklus I sebesar 48%, siklus II sebesar 70% dansiklus III adalahsebesar 96%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2016 06:52
Last Modified: 26 Feb 2016 06:52
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/584

Actions (login required)

View Item View Item