DAKWAH DAN REPRESENTASI NILAI-NILAI SOSIAL DALAM IKLAN WARDAH VERSI "HALAL DARI AWAL" EDISI 07 DESEMBER 2018

LISTIYAWATI, DIYAN (2019) DAKWAH DAN REPRESENTASI NILAI-NILAI SOSIAL DALAM IKLAN WARDAH VERSI "HALAL DARI AWAL" EDISI 07 DESEMBER 2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FULL A4 DIYANLIST PDF BIASA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Listiyawati,Diyan. Representasi Nilai-nilai Sosial dan Dakwah dalam Iklan Wardah Versi Halal dari Awal Edisi 07 Desember 2018 (Analisis Semiotika Model Roland Barthes). Skripsi. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Drs. H. Bahroni, M.Pd. Kata Kunci: Dakwah, Representasi, Iklan, Wardah, Nilai-nilai Sosial. Dakwah merupakan kegiatan mengajak atau menyeru pada kebaikan. Dan kegiatan dakwah dapat ditemukan dalam berbagai karya seni baik berupa audio, visual, atau audio visual. Nilai dakwah tersebut dapat direpresentasikan atau digambarkan dalam sebuah iklan. Iklan Wardah versi Halal dari Awal edisi 07 Desembeer 2018, merupakan salah satu seni iklan yang mengisahkan tentang beberapa sosok wanita pengguna produk kosmetik dari Wardah yang dapat melakukan berbagai macam aktivitas, namun tetap dapat berbuat baik untuk lingkungan sekitarnya. Dalam iklan wardah tersebut juga terdapat nilai sosial yang tergambarkan dalam kegiatan-kegiatan yang ditampilkan. Dengan mengusung konsep Halal maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini guna menjawab permasalahan: Bagaimana isi pesan dakwah dan representasi nilai-nilai sosial yang ada dalam iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis semiotika yang teorinya dikemukakan oleh Roland Barthes. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui website resmi PT Paragon Technology and Innoation dan akun YouTube resmi milik Wardah. Sebagai penunjang, peneliti juga menggunakan data sekunder yang dirujuk dari jurnal, artikel, serta penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam iklan Wardah versi “Halal dari Awal” edisi 07 Desember 2018, terdapat pesan dakwah Syariah dan akhlak. Serta mengandung nilai-nilai sosial sebagai berikut: nilai hedonism, nilai universal, nilai tradisi, nilai kesesuaian, nilai stimulasi, nilai kebajikan, nilai arahan diri, nilai kekuasaan, dan nilai prestasi. Dengan didominasi oleh nilai universal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Sep 2019 21:30
Last Modified: 15 Sep 2019 21:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5857

Actions (login required)

View Item View Item