EFEKTIVITAS MEDIA APLIKASI GLOSARIUM IPA TERPADU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019)

Haryanto, Akhmad (2019) EFEKTIVITAS MEDIA APLIKASI GLOSARIUM IPA TERPADU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Akhmad Haryanto-EFEKTIVITAS MEDIA APLIKASI GLOSARIUM IPA TERPADU_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: efektivitas; aplikasi glosarium; IPA terpadu; hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media aplikasi glosarium IPA terpadu melalui model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar IPA materi getaran dan gelombang pada siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment. Penelitian melibatkan dua kelas yaitu, kelas kontrol (kelas yang menggunakan media konvensional) dan kelas yang eksperimen (kelas yang menggunakan media pembelajaran aplikasi glosarium IPA terpadu). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 10 Salatiga, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Kelas VIIID sebagai kelas kontrol karena memiliki tingkat pemahaman yang lebih baik, dan kelas eksperimen VIIIE karena mudah untuk dikondisikan dengan media dan model pembelejaran yang akan diberikan. Variabel penelitian ini adalah variabel bebas (penggunaan media aplikasi glosarium IPA Terpadu) dan variabel terikat (hasil belajar siswa). Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal yang diuji keabsahannya dengan uji validitas, reabilitias, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Adapun metode pengambilan data yaitu dengan dilakukan pretest dan posttest. Teknik analisis data penelitian adalah dengan t-test menggunakan program SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan nilai -thitung (-5,345) < -ttabel (-1,672), maka hipotesis Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa media aplikasi glosarium IPA terpadu melalui metode berbasis proyek efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Sep 2019 10:15
Last Modified: 16 Sep 2019 10:15
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5861

Actions (login required)

View Item View Item