Efektivitas penggunaan model pembelajaran teams games tournament (tgt) terhadap hasil belajar ipa materi alat optik pada siswa kelas VIII MTs aswaja tahun pelajaran 2018/2019

Fikrianingsih, Intan (2019) Efektivitas penggunaan model pembelajaran teams games tournament (tgt) terhadap hasil belajar ipa materi alat optik pada siswa kelas VIII MTs aswaja tahun pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI INTAN FIKRIANINGSIH NIM 23060150006.pdf

Download (5MB)

Abstract

Fikrianingsih, Intan. 2019. Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar IPA Materi Alat Optik pada Siswa kelas VIII MTs Aswaja Tengaran Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi : Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci : hasil belajar IPA; materi alat optik; teams games tournament Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui hasil belajar IPA materi alat optik siswa MTs Aswaja kelas VIII Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019 melalui penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament dan pembelajaran konvensional (2) mengetahui efektivitas model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap hasil belajar IPA materi alat optik siswa MTs Aswaja kelas VIII Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen. Penelitian melibatkan dua kelas yaitu, kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Aswaja Tengaran. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dengan kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah soal yang diuji keabsahannya dengan uji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Adapun metode pengambilan data yaitu dengan Pretest dan Posttest. Analisis data yang digunakan menggunakan program SPSS yaitu uji normalitas, homogenitas, dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA di kelas kontrol dengan 10 siswa yang memiliki kategori hasil belajar sangat rendah dengan persentase 47,61%, 10 siswa memiliki kategori hasil belajar rendah 47,61% dan 1 siswa memiliki kategori hasil belajar sedang 4,76%. Hasil belajar IPA di kelas eksperimen dengan 4 siswa yang memiliki kategori hasil belajar sangat rendah dengan persentase 16,67%, 10 siswa memiliki kategori hasil belajar rendah 41,67%, 2 siswa memiliki kategori hasil belajar sedang 8,3%, dan 8 siswa memiliki kategori hasil belajar tinggi 33,33%. Hasil uji t-test menunjukkan nilai -thitung (-3,444) < -ttabel (-1,671) maka hipotesis Ha diterima atau model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII MTs Aswaja Tengaran Tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Sep 2019 10:17
Last Modified: 16 Sep 2019 10:17
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5862

Actions (login required)

View Item View Item