Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Taharah (Najis dan Hadas) Dengan Metode Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas VII A MTs. AL-MANAR Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/ 2019.”

Munif, Emi Bahrul (2019) Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Taharah (Najis dan Hadas) Dengan Metode Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas VII A MTs. AL-MANAR Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/ 2019.”. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FIK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Munif, Emi Bahrul. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Thaharah (Najis dan Hadas) Dengan Metode Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas VII A MTs. AL-Manar Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing:Dr. Winarno, S.Si.,M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Najis dan Hadas, Metode Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar materi Fiqih Thaharah (Najis dan Hadas) dengan metode Student Team Achievement Division STAD) pada siswa kelas VII A MTs. AL-Manar Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang ditempuh dalam 2 siklus. Dimana setiap siklus nya terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di MTs. AL-Manar Kecamatan Tengaran tepatnya pada kelas VII A yang berjumlah 21 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian Pra siklus menunjukkan siswa yang tuntas mencapai KKM 70 pada pembelajaran fiqih materi thaharah (Najis dan Hadas) sebanyak 9 orang dari jumlah keseluruhan yaitu 21 orang dengan persentase 38%. Pada siklus I siswa yang tuntas mencapai kkm 70 sebanyak 11 orang dari jumlah keseluruhan 21 orang dengan persentase 52%. Sedangkan pada siklus II semuanya tuntas dan mencapai kkm 70 dengan jumlah siswa 21 orang dengan persentase 100%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar fiqih materi thaharah (Najis dan Hadas) pada siswa kelas VII A Semester I di MTs. AL-Manar Kecamatan Tengaran Kabupaten Tahun Pelajaran 2018/ 2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Sep 2019 10:20
Last Modified: 16 Sep 2019 10:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5863

Actions (login required)

View Item View Item