PENERAPAN MODEL ACHIEVEMENT GROUPING DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Khikmah, Mutiara (2019) PENERAPAN MODEL ACHIEVEMENT GROUPING DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_JADI_1-selesai[1].pdf

Download (3MB)

Abstract

Khikmah, Mutiara 2019. Penerapan Model Achievement Grouping dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an pada siswa kelas VII SMP Islam Sudirman Ambarawa tahun pelajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Pembimbing Dra. Ulfah Susilawati., M.SI. Kata Kunci: Model Achievement Grouping dan Baca Tulis Al-Qur'an Penelitian ini merupakan sebuah upaya untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Achievement Grouping dalam meningkatkan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an pada siswa kelas VII SMP Islam Sudirman Ambarawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Proses pelaksanaan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dengan menggunakan model Achievement Grouping pada siswa kelas VII SMP Islam Sudirman Ambarawa. 2) Hasil pelaksanaan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dengan menggunakan model Achievement Grouping pada siswa kelas VII SMP Islam Sudirman Ambarawa. 3) Faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dengan menggunakan model Achievement Grouping pada siswa kelas VII SMP Islam Sudirman Ambarawa. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data-data dalam penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumemtasi, yang kemudian dilakukan analisis data dengan cara mendeskripsikan data dari informasi, mereduksi data sesuai kebutuhan penelitian, kemudian dianalisis oleh peneliti, dan terakhir disimpulkan untuk menjawab tujuan dari penelitian.. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Proses pelaksanaan pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dengan menggunakan model Achievement Grouping dalam pengelolaannya yaitu dengan cara mengelompokkan peserta didik berdasarkan kemampuan. 2) Hasil pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dengan menggunakan model Achievement Grouping dapat memberikan pengaruh positif bagi peserta didik dalam kelancaran membaca Al-Qur’an. 3) Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan Achievement Grouping di SMP Islam Sudirman Ambarawa: Faktor pendukung adalah Peserta didik, pendidik, dan Sarana dan Prasarana. Faktor penghambat adalah Kurangnya motivasi dari orang tua, kekurangan tenaga pengajar, dan kemampuan peserta didik yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Sep 2019 10:50
Last Modified: 16 Sep 2019 10:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5865

Actions (login required)

View Item View Item