Efektivitas Media Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Cahaya dan Alat Optik Pada Siswa Kelas VIII MTs NU Ungaran Tahun Pelajaran 2018/2019

Pangestuti, Jilan Rizkiana (2019) Efektivitas Media Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Cahaya dan Alat Optik Pada Siswa Kelas VIII MTs NU Ungaran Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Efektivitas Media Pembelajaran IPA Berbasis Android.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rizkiana Pangestuti, Jilan. 2019. Efektivitas Media Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Cahaya dan Alat Optik Pada Siswa Kelas VIII MTs NU Ungaran Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci: efektivitas, media pembelajaran, IPA terpadu dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui keefektivitasan media pembelajaran IPA terpadu berbasis android terhadap hasil belajar IPA materi cahaya dan alat optik. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII MTs NU Ungaran tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII, pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan teknik Simple Random Sampling. Kelas VIII A sebagai kelas kontrol dengan menggunakan media pembelajaran Powerpoint dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Android. Teknik pengumpulan data dengan tes berupa soal pilihan ganda dan metode pengambilan data dilakukan pretest-posttest soal, yang telah di uji keabsahannya melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran dan daya pembeda soal. Adapun teknik analisis data penelitian adalah dengan uji t-test menggunakan program SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai thitung (-13,801) ? ttabel (2,001) dan P Value (0,000) ? 0,05, maka hipotesis Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran IPA terpadu berbasis android efektif terhadap hasil belajar IPA materi cahaya dan alat optik pada kelas VIII di MTs NU Ungaran Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Sep 2019 13:29
Last Modified: 16 Sep 2019 13:29
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5870

Actions (login required)

View Item View Item