PERILAKU GURU DALAM MENGGUNAKAN INTERNET PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN SALATIGA TAHUN 2019

Asmah, Ragil Rahmania (2019) PERILAKU GURU DALAM MENGGUNAKAN INTERNET PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN SALATIGA TAHUN 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Isi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Asmah, Ragil Rahmania, 2019. Perilaku Guru dalam Menggunakan Internet Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN Salatiga. Skripsi, Program Studi, Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Miftahuddin, M.Ag. Kata Kunci: Perilaku Gur;Internet;Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan Penelitian yaitu: 1. Mendeskripsikan perilaku guru terhadap penggunaan internet dalam peningkatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Salatiga 2. Menguraikan jenis website yang sering dikunjungi guru dalam proses pembelajaran 3. Mendeskripsikan faktor pendorong dan penghambat guru dalam menggunaan internet. Penelitian ini merupakanpenelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah observasi untuk mengamati objek, wawancara untuk mencari informasi dari responden, dan dokumentasi. Sumberdata terdiri dari sumber data primer yaitu hasil observasi dan wawancara, dan sumber data skunder yaitu buku serta dokumen dokumen lainnya. Sedangakan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Perilaku guru dalam menggunakan internet sangat baik, guru menggunakan internet saat pembelajaran Pendidikan Agama Islam hanya sebatas sebagai media pembelajaran, dengan menggunakan internet peserta didik tidak merasa jenuh saat kegiatan pembelajaran, selain itu guru juga melatih peserta didik agar berfikir kekinian dan kesinian di era millennial saat in 2. Jenis website yang sering dikunjungi guru yaitu youtube dan blogger, untuk melatih peserta didik kreatif dalam berbagai hal, serta melatih peserta didik agar lebih mengeksplor materi didalam website tersebut 3. Ada beberapa faktor pendorong dalam proses penggunaan internet dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu: fasilitas madrasah yang mencukupi, tersedia wifi, fasilitas projector, dukungan dari pihak kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, sedangkan faktor penghambat yaitu: keterbatsan fasilitas yang dimiliki siswa, kurangnya sarana prasarana, banyaknya pengguna wifi dalam waktu bersamaan, kuota siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Sep 2019 14:50
Last Modified: 16 Sep 2019 14:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5878

Actions (login required)

View Item View Item