ANALISIS PENANAMAN NILAI KEDISIPLINAN DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MERTOYUDAN ANGKATAN 2018/2019.

MUBAROK, LATIIF (2019) ANALISIS PENANAMAN NILAI KEDISIPLINAN DI SMK MUHAMMADIYAH 2 MERTOYUDAN ANGKATAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
fix Latif Mubarok 99.pdf

Download (3MB)

Abstract

Analisis Penanaman Pendidikannilai Kedisiplinan diSMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan angkatan 2018/2019. Skripsi. Salatiga. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Fatchurrohman, S.Ag. M.Pd. Kata Kunci: Penanaman, nilai disiplin. Poltar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pelajar yang kurang disiplin, sehingga perlu adanya penanaman kedisiplinan untuk siswa. Salah satu sekolah yang menanamkan kedisiplinan adalah SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penanaman nilai kedisiplinan yang ada di SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan Magelang. Aspek yang diteliti adalah usaha sekolah dalam menanamkan nilai disiplin kepada siswa di SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan oleh guru dan polisi taruna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru BK, guru agama Islam, guru pembina kedisiplinan sekolah dan polisi taruna. Proses pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan Triangulasi data, penulis mengambil peran sebagai pewawancara langsung kepada narasumber untuk menggali data lebih lengkap kepada guru dan polisi taruna. Analisis penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan verivikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sekolah telah menanamkan nilai kedisiplinan kepada siswa dengan baik. Penanaman tersebut meliputi: (1) Unsur-unsur kedisiplinan berupa peraturan, hukuman, sanksi, penghargaan dan konsistensi, (2) keteladanan, (3) pembiasaan, (4) latihan kedisiplinan yang melibatkan siswa sebagai polisi taruna di sekolah dan (5) langkah-langkah dalam menanamkan kedisiplinan sekolah oleh guru serta dampak penanaman terhadap siswa yang menunjukkan hasil positif. Usaha penanaman kedisiplinan telah dilakukan oleh guru maupun poltar sehingga memunculkan dampak positif dalam kedisiplinan siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Sep 2019 14:57
Last Modified: 16 Sep 2019 14:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5880

Actions (login required)

View Item View Item