PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIKLUS AIR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) PADA SISWA KELAS V MI FALAHUL MUKMININ 02 KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Atsna, Sayyidah Nurul (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIKLUS AIR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) PADA SISWA KELAS V MI FALAHUL MUKMININ 02 KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Alhamdulillah Skripsi Atsna_reduce.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Atsna, Sayyidah Nurul. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Melalui Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Pada Siswa Kelas V MI Falahul Mukminin 02 Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr.Hj. Maslikhah, S.Ag.,M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Hasil belajar IPA materi siklus air tema lingkungan sahabat kita di MI Falahul mukminin 02 Padaan Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang masih rendah terbukti dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 70. Hal ini dikarenakan siswa masih mengangap sulit pembelajaran IPA dan guru masih menggunakan model pembelajaran yang kurang menarik perhatian siswa, sehingga siswa tidak memperhatikan materi yang disampaikan guru. Guru harus merubah model pembelajaran supaya siswa tertarik dan dapat menerima materi dengan baik. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah model pembelajaran STM dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi siklus air tema lingkungan sahabat kita pada siswa MI Falahul Mukminin 02 Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Falahul Mukminin 02 Padaan Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang yang berjumlah 23 siswa meliputi 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Instrument penelitian meliputi lembar observasi dan soal evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ? 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran STM dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Falahul Mukminin 02 Padaan Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Siklus I ke Siklus II 17% dan Siklus II ke Siklus III 22%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan siswa pada Siklus I 48% siswa tuntas belajar, Siklus II 65 siswa tuntas belajar dan Siklus III 87% siswa tuntas belajar. Guru memberikan remidiasi kepada 13% (3 siswa) yang belum tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Sep 2019 15:49
Last Modified: 16 Sep 2019 15:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5882

Actions (login required)

View Item View Item