Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menulis Paragraf Menggunakan Metode Teams Games Tournaments (TGT) Pada Siswa Kelas III MI Nurul Huda Gejugan Tanjung Klego Boyolali Tahun Pelajaran 2019/2020

Nuzula, Wildan Firdaus (2019) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menulis Paragraf Menggunakan Metode Teams Games Tournaments (TGT) Pada Siswa Kelas III MI Nurul Huda Gejugan Tanjung Klego Boyolali Tahun Pelajaran 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Menulis Paragraf pada siswa kelas III MI Nurul Huda Gejugan Tanjung Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan menerapkan metode Teams Games Tournaments (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi dengan menggunakan metode Teams Games Tournaments (TGT). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MI Nurul Huda Gejugan Tanjung Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali sebanyak 14 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Instrumen peneltian ini meliputi RPP, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes tertulis. Data dianalisis secara statistik menggunkan rumus persentase, apabila 85% siswa dinyatakan tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III MI Nurul Huda Gejugan Tanjung Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali. Serta melampaui target pencapain klasikal 85% dari jumlah siswa yang mencapai nilai di atas KKM yakni 70. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari siklus I ke siklus II 22%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa dari pra siklus 5 (36%) siswa yang tuntas belajar, siklus I 10 (71%) siswa yang tuntas belajar, dan siklus II 13 (93%) siswa yang tuntas belajar. Siswa yang belum tuntas akan diberikan tindakan mandiri berupa latihan-latihan atau remediasi dengan cara guru memantau belajar siswa supaya diharapkan semua siswa dapat tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2019 13:36
Last Modified: 17 Sep 2019 13:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5903

Actions (login required)

View Item View Item