PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN EGRANG BATOK PADA KELOMPOK B DI TK HIKMAH TAZKIA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Rofi'ah, Darojatir (2019) PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN EGRANG BATOK PADA KELOMPOK B DI TK HIKMAH TAZKIA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI DAROJATIR ROFI'AH-23050150003.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Rofiah, Darojatir. 2019. Pengembangan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Egrang Batok Pada Kelompok B di TK Hikmah Tazkia Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Mufiq, S.Ag., M.Phil. Kata Kunci: Motorik Kasar, Permainan Egrang Batok Kemampuan motorik kasar anak di TK Hikmah Tazkia kelompok B menunjukkan bahwa masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa anak yang belum bisa memanjat, melompat, dan berdiri satu kaki. Kondisi ini disebabkan oleh kemampuan motorik kaki yang belum lincah karena pembiasaan yang diterapkan juga kurang kreatif. Selain itu media yang digunakan masih terbatas mengakibatkan anak mudah bosan sehingga kelincahan dan kelenturan otot kaki tidak berfungsi dengan baik. Rumusan masalah peneliti ini yaitu apakah dengan permainan egrang batok dapat mengembangkan motorik kasar anak pada kelompok B di TK Hikmah Tazkia Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah permainan egrang batok dapat mengembangkan motorik kasar anak pada kelompok B di TK Hikmah Tazkia Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Hikmah Tazkia yang berjumlah 13 anak meliputi 7 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi anak dan guru serta lembar evaluasi anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan egrang batok dapat mengembangkan motorik kasar anak pada kelompok B di TK Hikmah Tazkia Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Presentase keberhasilan pada siklus 1 terdapat 8 anak yang belum berkembang (BB) perkembangannya dan 5 anak yang mulai berkembang (MB) perkembangannya dengan pencapaian presentase kelas 38,46%. Siklus II diperoleh data 11 anak yang mencapai berkembang sesuai harapan (BSH) dan 2 anak mencapai berkembang sangat baik (BSB) dengan hasil presentase kelas 100%. Berdasarkan hasil data tersebut dapat diketahui bahwa motorik kasar anak pada kelompok B TK Hikmah Tazkia Salatiga mengalami perkembangan melalui permainan egrang batok. Hasil presentase keberhasilan dari siklus 1 ke siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan ? 85% dari jumlah seluruh anak yaitu mencapai rata-rata 100% sehingga penelitian tindakan kelas dihentikan pada siklus II ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2019 06:50
Last Modified: 17 Sep 2019 06:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5905

Actions (login required)

View Item View Item