Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Materi Dakwah Nabi Muhammad Saw Periode Madinah dengan Model Pembelajaran Talking stick Pada Siswa MA Al Islam Susukan Tahun Pelajaran 2018/2019.

DARIYANTO, DARIYANTO (2019) Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Materi Dakwah Nabi Muhammad Saw Periode Madinah dengan Model Pembelajaran Talking stick Pada Siswa MA Al Islam Susukan Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIP fixz-dikonversi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas upaya peningkatan hasil belajar siswa kelas x tentang materi Dakwah Nabi Muhammad Saw. periode Madinah melalui model pembelajaran Talking Stick. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana penerapan model pembelajaran Talking Stick dalam pembelajaran SKI materi pembelajaran Dakwah Nabi Muhammad Saw di Madinah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas X MA Al Islam Susukan? Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan hasil belajar siswa kelasX MA Al Islam Susukan materi dakwah Nabi Muhammad Saw periode Madinah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di MA Al Islam Susukan Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan subjek penelitian sebanyak 15 siswa kelas X. Penelitian PTK ini berlangsung selama 3 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini mempengaruhi terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran SKI didukung dengan peningkatan pengelolaan pembelajaran oleh guru dan keaktifan belajar siswa. Model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan nilai ketuntasan pada Pra Siklus sebesar 20%, siklus I 60% dan menjadi 93,33% pada siklus II, dan rata-rata nilai hasil belajar pada pra siklus sebesar 52 menjadi 67,67 pada siklus I dan menjadi 79,67 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini pada penerapan model pembelajaran Talking Stick bahwasannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran SKI materi dakwah Nabi Muhammad Saw di Madinah pada siswa kelas X di MA Al Islam Susukan Tahun Pelajaran 2018/2019 telah meningkatkan hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:49
Last Modified: 01 Oct 2019 03:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5913

Actions (login required)

View Item View Item