Peningkatan Minat dan Hail Belajar Matematika Materi Segiempat dan Segitiga Menggunakan Model Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan Gembira dan Berbobot (PAIKEM Gembrot) pada Peserta Didik Kelas VII-D MTs Negeri Salatiga Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019.

Rahayuningtyas, Esti (2019) Peningkatan Minat dan Hail Belajar Matematika Materi Segiempat dan Segitiga Menggunakan Model Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan Gembira dan Berbobot (PAIKEM Gembrot) pada Peserta Didik Kelas VII-D MTs Negeri Salatiga Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA MENGGUNAKAN MODEL PE.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model PAIKEM Gembrot dapat meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Materi Segiempat dan Segitiga pada Peserta Didik Kelas VII-D MTs Negeri Salatiga Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Permasalahan yang akan dijawab melalui pernelitian ini adalah apakah model PAIKEM Gembrot dapat meningkatkan minat belajar matematika materi segiempat dan segitia pada peserta didik kelas VII-D MTs Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019 dan Apakah penerapan model PAIKEM Gembrot dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi segiempat dan segitiga pada peserta didik kelas VII-D MTs Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yang maisng-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian terdiri dari 15 peserta didik laki-laki dan 23 peserta didik perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah lembar angket, lembar observasi, wawancara, tes, dan dokumetasi foto. Analisis data yang digunakan peneliti adalah adanya peningkatan rata-rata minat belajar dan hasil belajar serta adanya peningkatan Ketuntasan Ketuntasan minat dan hasil belajar klasikal pada setiap siklusnya. Hasil yang diperoleh dari penelitian dan pembahasan dalam pelaksanaan pembelajaan Matematika Materi Segiempat dan Segitiga menggunakan model PAIKEM Gembrot pada Peserta Didik Kelas VII-D MTs Negeri Salatiga Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga dapat disimpulkan bahwa, penerapan model PAIKEM Gembrot sangat cocok untuk mata pelajaran Matematika kelas VII-D MTs Negeri Salatiga Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga karena terjadi peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik. Minat belajar kategori tinggi yaitu dan standart KKM mata pelajaran Matematika yaitu 73. Peningkatan ini dapat dilihat dari minat pada pra-siklus dengan kategori tinggi didapat 13,16%, pada siklus I meningkat menjadi 36,84%, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 65,79%. Dan terjadinya peningkatan hasil belajar pada pra-siklus yaitu 0% pada siklus I meningkat menjadi 84,21%, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 86,84% yang tuntas. Berdasarkan minat dan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui model PAIKEM Gembrot dapat meningkatkan minat dan hasil belajar Matematika materi Segiempat dan Segitiga pada peserta didik kelas VII-D MTs Negeri Salatiga Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu murni
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2019 08:30
Last Modified: 17 Sep 2019 08:30
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5919

Actions (login required)

View Item View Item