Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Penggolongan Materi Melalui Model Pembelajaran Probing Prompting Pada Siswa Kelas VB MIN 5 Boyolali Tahun 2018/ 2019.

Lestari, Widia (2019) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Penggolongan Materi Melalui Model Pembelajaran Probing Prompting Pada Siswa Kelas VB MIN 5 Boyolali Tahun 2018/ 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
jadi.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran probing promting dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Penggolongan Materi pada siswa kelas VB MIN 5 Boyolali tahun 2018/ 2019 dan apakah penerapan model pembelajaran probing promting dapat mencapai target KKM kelas (85%) pada siswa kelas VB MIN 5 Boyolali tahun 2018/ 2019. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA dan siswa kelas VB MIN 5 Boyolali yang terdiri dari 23 siswa yaitu 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran probing promting dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan penerapan model pembelajaran probing promting hanya 39,13% (9 siswa) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)/ Ketuntasan Belajar Minimal (KBM), sedangkan 60,87% (14 siswa) belum memenuhi KKM/ KBM. Pada siklus I yang mencapai KKM/ KBM sebanyak 13 siswa dari 23 siswa atau 56,52% dengan nilai rata- rata 62,1. Pada siklus II yang mencapai KKM sebanyak 18 siswa dari 23 siswa atau 78,26% dengan nilai rata-rata 72,6. Sedangkan pada siklus III siswa sudah mencapai kriteria ketuntasan klasikal siswa yang mencapai KKM/ KBM sebanyak 21 siswa atau 91,30% ≥ 85% dengan nilai rata-rata 81,3. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran probing promting dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA materi penggolongan materi pada siswa kelas VB MIN 5 Boyolali tahun 2018/ 2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Biografi dan Sejarah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2019 08:58
Last Modified: 17 Sep 2019 08:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5923

Actions (login required)

View Item View Item