PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE MELALUI PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Choirunnisa, Ulfa (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE MELALUI PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Choirunnisa, Ulfa. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture melalui Pendekatan Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas VIII di SMP Negeri 8 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi: Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Kata kunci: picture and picture, hasil belajar, pendekatan discovery learning Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture melalui pendekatan Discovery Learning (2) pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture melalui pendekatan Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental yaitu quasi eksperimental design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling yaitu kelas VIII B (kelas kontrol) dan kelas VIII G (kelas eksperimen). Teknik pengumpulan data menggunakan soal, angket, lembar observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini meliputi soal, angket dan lembar observasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture membantu proses belajar siswa. Hal terebut dapat dilihat pada hasil rata-rata nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen yaitu sebesar 58,47 mengalami peningkatan menjadi 73,93. Hasil uji angket pada kelas eksperimen mengalami kenaikan tertinggi yaitu sebesar 0,8 pada indikator kemampuan berfikir. Selanjutnya pada hasil observasi siswa kelas eksperimen memperoleh skor lebih tinggi yaitu sebesar 3,43 sedangkan pada kelas kontrol hanya memperoleh skor 2,63 hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture membantu dalam proses belajar siswa. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan yang kuat dengan nilai signifikansi sebesar 0,676 antar variabel yang dihubungkan dan hasil uji regresi linier sederhana diperoleh persamaan nilai siswa =19,792+0,926X dengan koefisien determinasi yaitu sebesar 45,7% sehingga H_a diterima artinya ada pengaruh antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar siswa. Jadi, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 8 Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2019 21:10
Last Modified: 17 Sep 2019 21:10
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5926

Actions (login required)

View Item View Item