Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Number Head Together (TGT) berbantu LKS terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas VIII Siswa SMP Negeri 1 Kedu Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggun Tahun Ajaran 2018/2019

Septyani, Nuril (2019) Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Number Head Together (TGT) berbantu LKS terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas VIII Siswa SMP Negeri 1 Kedu Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggun Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Nuril Septyani.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika di SMP Negeri 1 Kedu Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung masih kurang. Hal ini dikarenakan guru banyak menggunakan model pembelajaran konvensional. Sehingga guru perlu melakukan pembelajaran aktif yang berpusat kepada peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Number Heads Together (NHT). Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan Apakah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kedu?, Apakah model pembelajaran Number Head Together (NHT) lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kedu? Dan Apakah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih efektif dibandingkan model pembelajaran Number Head Together (NHT) berbasis LKS tehadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa keas VIII SMP Negeri 1 Kedu? Penelitian ini termasuk kuantitatif eksperimen. Subjek penelitian adalah kelas VIII C, VIII D, dan VIII D SMP Negeri 1 Kedu Temanggung. Instrumen penelitian menggunakan tes (Pretest dan Posttest). Data dianalisis menggunakan uji statistik kesamaan rata-rata anova dengan menguji data berdistribusi normal dan data homogen. Hasil uji analisis data menyatakan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih efektif dari pada model pembelajaran Number Heads Together (NHT),model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih efektif dari pada model konvensional, dan model pembelajaran Number Heads Together (NHT) lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji efektif (Uji Ganda Scheffe).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2019 21:57
Last Modified: 17 Sep 2019 21:57
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5927

Actions (login required)

View Item View Item