PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI MENGIDENTIFIKASI KONDISI GEOGRAFIS PULAU-PULAU DI INDONESIA MELALUI METODE GROUP RESUME DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS 5 MI TARBIYATUL ULUM JEMBRAK, KECAMATAN PABELAN, KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020

FAUZIAH, AISYAH NUR (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI MENGIDENTIFIKASI KONDISI GEOGRAFIS PULAU-PULAU DI INDONESIA MELALUI METODE GROUP RESUME DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS 5 MI TARBIYATUL ULUM JEMBRAK, KECAMATAN PABELAN, KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Aisyah N.F.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi mengidentifikasi kondisi geografis pulau-pulau di Indonesia melalui metode group resume dengan media gambar pada kelas 5 MI Tarbiyatul Ulum Jembrak, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek yang diteliti terdiri dari 19 siswalaki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan MC. Taggart yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklusnya mempunyai tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan peneliti adalah membandingkan pencapaian nilai dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dan ditandai dengan peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Hasil Penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar IPS materi mengidentifikasi kondisi geografis pulau-pulau di Indonesia siswa kelas 5 MI Tarbiyatul Ulum Jembrak. Hasil belajar pra siklus dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 60, rata-rata kelas adalah 58,38 untuk ketuntasan ada 20 siswa atau 64,5% dan belum tuntas 11 siswa atau 35,48%. Pada siklus I terjadi peningkatan hasil rata-rata kelas 62,9, ketuntasan ada 24 siswa atau 77,41% dan belum tuntas ada 7 siswa atau 22,58%. Pada siklus II mengalami kenaikan hasil rata-rata kelas menjadi 75,16 dengan ketuntasan sebanyak 29 siswa atau 93,54% dan 2 siswa belum tuntas atau 6,45%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2019 08:49
Last Modified: 18 Sep 2019 08:49
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5931

Actions (login required)

View Item View Item