PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS V MI NURUL HIKMAH 02 KEDUNGRINGIN KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Sudarwati, Lilik (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS V MI NURUL HIKMAH 02 KEDUNGRINGIN KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
pdf lilik.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sudarwati, Lilik. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Melalui Model PembelajaranKooperatif Tipe Numbered Hands TogetherPada Siswa Kelas V MI Nurul Hikmah 02 KedungringinKecamatan Suruh Kabupaten Semarangtahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dra. Siti Asdiqoh, M. Si. Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Hands Together. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V MI Nurul Hikmah 02 Kedungringin. Terbukti dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 70. Hal ini dikarenakan muridnya terlalu pasif ketikaa kegiatan pembelajaran di kelas. Sehingga, membuat siswa yang belum memahami materi menjadi jenuh dan kurang bersemangat. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah dengan model pembelajaran Koeperatif tipe Numbered Hands Together dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya pada siswa kelas V MI Nurul Hikmah 02 Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penilitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Nurul Hikmah 02 Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang yang berjumlah 21 siswa meliputi 12 siswa laki-laki dan 9 siswwa perempuan. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi dan soal tes. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Koeperatif tipe Numbered Hands Together dapat meningkatkan hasil belajar kelas V MI Nurul Hikmah 02 Kedungringin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Siklus I ke Siklus II 9% Siklus II ke Siklus III 19%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus 1 siswa tuntas belajar, Siklus II 71% tuntas belajar, dan Siklus III 90% siswa tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2019 13:27
Last Modified: 18 Sep 2019 13:27
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5938

Actions (login required)

View Item View Item