PENINGKATAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI PERILAKU TERCELA MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS VIII B MTs DARUL ULUM SURUH TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Aisyah, Dian Sukma (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI PERILAKU TERCELA MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS VIII B MTs DARUL ULUM SURUH TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Dian Sukma Aisyiah (23010150079).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Aisyiah, Dian Sukma. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Materi Perilaku Tercela Menggunakan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Siswa Kelas Viii B Mts Darul Ulum Suruh Tahun Pelajaran 2018/2019.Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing Drs. Abdul Syukur, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar, Aqidah Akhlak, dan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar akidah akhlak pada siswa kelas VIII B tahun 2018/2019.Hal ini dilatarbelakangi karena masih terdapat siswa yang nilainya masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah.Ini dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu rendahnya minat dan motivasi sehingga siswa kurang bersemangat dan ada yang cepat bosan saat pembelajaran berlangsung. Adapun rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Apakah penerapan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Materi Perilaku Tercela pada Siswa Kelas VIII B di MTs Darul Ulum Suruh Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Classroom Action Research/Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus.Tiap siklus masing-masing terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara menghitung pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian melalui metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Hal tersebut dapat diketahui dari hasil setiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada pra siklus siswa yang tuntas 41% atau sebanyak 12 siswa dari 29 siswa dengan nilai ata-rata kelas 66,3. Pada siklus I presentase siswa yang tuntas 69% atau sebanyak 20 siswa dengan nilai rata-rata 75,3. Adapun pada siklus II terdapat 26 siswa atau 90% telah mencapai nilai KKM dengan nilai rata-rata kelas 83 menunjukkan bahwa telah mencapai KKM yaitu 74.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2019 19:37
Last Modified: 18 Sep 2019 19:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5948

Actions (login required)

View Item View Item