“ Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Menggunakan Metode Drill dengan Media Card Match Pada Siswa Kelas III Semester I MI Al-Mahmud Kumpulrejo 1 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020”

Umami, Rosypa Intan (2019) “ Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Menggunakan Metode Drill dengan Media Card Match Pada Siswa Kelas III Semester I MI Al-Mahmud Kumpulrejo 1 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020”. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Rosypa Intan Umami.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran Matematika di MI Al – Mahmud Kumpulrejo 01, KecamatanArgomulyo, Kota Salatiga, selama ini belum menggunakan media pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Hal ini menyebabkan siswa mengalami kejenuhan, sehingga kurangnya perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru saat proses belajar berlangsung yang berdampak pada rendahnya hasil belajar Matematika terurtama materi operasi hitung bilangan cacah. Hal ini terlihat dari pencapaian hasil belajar siswa yang belum memenuhi nilai KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah metodeDRILL dengan media CARD MATCH dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi operasi hitung bilangan cacah pada siswa kelas III MI Al – Mahmud Kumpulrejo 01, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga tahun pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika materi operasi hitung bilangan cacah menggunakan metodeDRILL dengan media CARD MATCH pada siswa kelas III MI Al – Mahmud Kumpulrejo 01, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III MI Al – Mahmud Kumpulrejo 01 yang berjumlah 25 siswa meliputi 9 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi dan soal tes. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus presentase, apabila KKM nya ≥70 dan ≥85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode DRIL dengan media CARD MATCH dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Al – Mahmud Kumpulrejo 01, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga tahun 2019/2020. Peningkatan hasil belajar siswa yang tuntas belajar dari Pra Siklus ke Siklus I 16% dan Siklus I ke Siklus II 40%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada Pra Siklus 32% siswa tuntas belajar, pada Siklus I 48% siswa tuntas belajar dan Siklus II 88% siswa tuntas belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2019 01:34
Last Modified: 19 Sep 2019 01:34
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5954

Actions (login required)

View Item View Item