METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI YAYASAN KARANTINA TAHFIDZH QUR’AN NASIONAL (YKTN) SALATIGA TAHUN 2019

HIDAYATI, SUPRI (2019) METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI YAYASAN KARANTINA TAHFIDZH QUR’AN NASIONAL (YKTN) SALATIGA TAHUN 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hidayati, Supri, 2019. Metode Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Yayasan Karantina Tahfidz Qur’an Nasional (YKTN) Salatiga Tahun 2019. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri Salatiga. Pembimbing : Dra. Urifatun Anis M.Pd Kata Kunci: Metode Pebelajaran, Tahfidzul Qur’an. Tujuan pendidikan Yayasan Karantina adalah untuk mencetak muslim yang dapat menguasai ilmu-ilmu agama secara mendalam serta menghayati, dan mengamalkannya dengan ikhlas. Guna mencapai tujuan ini, Yayasan Karantina mengajarkan pembelajaran Al-Qur’an atau Tahfidzul Qur’an. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaa pembelajaran Tahfidzul Qur’an, metode pembelajaran Tahfidzul Qur’an, dan faktor pendukung dan faktor penghambatnya di Yayasan Karantina Tahfizh Qur’an Nasional (YKTN) Salatiga. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan ( field research) dan bersifat deskritip kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber skunder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Yayasan Karantina Tahfizh Qur’an Nasional (YKTN) Salatiga memeliki 3 program pembelajaran yaitu: (a) Tahsin (b) Tahfidz (c) Mutqin. Kedua, Metode pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Yayasan Karantina Tahfidz Qur’an Nasional (YKTN) Salatiga adalah metode Yadain Litahfizhil Qur’an. Ketiga faktor pendukung pembelajaran Tahfidzul Qur’an adalah (a) Niatnya yang ikhlas (b) Sesuai dengan SOPnya yayasan (c) Muroja’ah (d) Fokus (e) Temannya atau Patner yang saling memberi motoivasi (f) Ta’dzim (g) menggunakan waktunya sebaik mungkin (h) Tersedinya Muhafidz yang selalu memberikan dukungan (i) adanya fasilitas yang memadai. Sedangkan Faktor penghambat pembelajaran Tahfidzul Qur’an adalah (a) Tidak memenuhi standar SOP Yayasan Karantina (b) Tidak datang saat setoran (c) Tahsinya kurang bagus (d) Belum begitu paham tentang metode yang digunakan (e) kesehatan (f) belum begitu paham tentang metodenya (g) bagraundnya berbeda-beda (h) Malas (i) mengantuk (j) Capek (k) Home sick (l) Makin banyak juga kelamaan setoranya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2019 09:45
Last Modified: 19 Sep 2019 09:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5962

Actions (login required)

View Item View Item