PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM INDERA MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA PUZZLE PICTURE PADA SISWA KELAS VIII A SEMESTER II MTs YAJRI PAYAMAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Nasibah, Fatichatin (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM INDERA MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA PUZZLE PICTURE PADA SISWA KELAS VIII A SEMESTER II MTs YAJRI PAYAMAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Fatichatin Najibah-dikompresi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Najibah, Fatichatin. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sistem Indera Manusia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Puzzle Picture Pada Siswa Kelas VIII A Semester II MTs Yajri Payaman Magelang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Trabiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing Dr. Peni Susapti, M. Si. Kata Kunci : Hasil Belajar dan media Puzzle Picture. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif berbantuan media puzzle picture dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sistem indera manusia pada siswa kelas VIII A MTs Yajri Payaman Magelang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A MTs YAJRI Payaman Magelang Tahun Pelajaran 2018/ 2019 yang berjumlah 26 siswa perempuan. Hal ini dibuktikan hasil belajar pada pra siklus siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa (23 %). Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa (70 %). Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa (88,47 %). Peningkatan hasil bealajar siswa yang tuntas belajar dari pra siklus ke siklus sebesar 47 % dan dari siklus I ke siklus II sebesar 18,47 %. Penelitian ini dihentikan di siklus II karena sudah memenuhi kriteria ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan yaitu 85% dari jumlah seluruh siswa. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: Model pembelajaran kooperatif berbantuan media Puzzle Picture dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sistem indera manusia pada siswa kelas VIII A MTs YAJRI Payaman Magelang Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2019 10:29
Last Modified: 19 Sep 2019 10:29
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5967

Actions (login required)

View Item View Item